Pengaruh brand love pada brand loyalty melalui self - esteem dan brand trust pada industri telekomunikasi smartphone Indonesia
K Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dan perbaikan taraf hidupmasyarakat menyebabkan tingginya tuntutan masyarakat terhadap kualitas mutuproduk dan jasa. khususnya dalam manajemen. Kemajuan teknologi juga berbandinglurus dengan perkembangan fitur-fitur canggih pada smartphone yang ditawarkan olehberbagai merek yang ada saat ini, dan setiap merek selalu mengeluarkan teknologi barusetiap tahunnya dalam mengantisipasi ketatnya persaingan setiap tahun. Penelitian inimemiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara Brand Love, Self – Esteem, BrandTrust terhadap Brand Loyalty pada Industri smartphone di Indonesia. Penelitian inimenggunakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner secaraonline menggunakan bantuan google form. Sampel penelitian ini terdiri dari 220 orangdi Indonesia yang tertarik dengan industri smartphone. Responden dari penelitian iniadalah konsumen yang melakukan penggunaan smartphone minimal dalam kurunwaktu 1 tahun terakhir. Data dari penelitian ini yaitu data cross sectional dimana datayang didapat dalam tempo waktu yang telah ditetapkan. Analisis data untuk ujihipotesis menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil daripenelitian ini menjelaskan bahwa Brand Love berpengaruh positif terhadap Self -Esteem. Self – Esteem berpengaruh positif terhadap Brand Loyalty. Sedangkan untukBrand Love berpengaruh positif terhadap Brand Trust. Lalu, Brand Trust berpengaruhpositif terhadap Brand Loyalty, Self Esteem memediasi pengaruh Brand Love terhadapBrand Loyalty. Brand Trust memediasi pengaruh Brand Love terhadap Brand Loyalty.Beberapa saran lain untuk manajer juga dijelaskan dalam penelitian ini perilaku danpreferensi konsumen sangat penting untuk mempertahankan hubungan jangka panjangperusahaan dengan konsumen dalam bentuk kelangsungan bisnis perusahaan danloyalitas konsumen. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan variabelberbeda seperti emotional commitment dan behavioral commitment
A Advances in information and communication technology and improvements inpeople's living standards have led to high demands from society for the quality ofproducts and services. especially in management. Advances in technology are alsodirectly proportional to the development of advanced features on smartphones offeredby various existing brands, and each brand always releases new technology every yearin anticipation of intense competition every year. This study aims to determine therelationship between Brand Love, Self-Esteem, Brand Trust and Brand Loyalty in thesmartphone industry in Indonesia. This study uses primary data obtained bydistributing questionnaires online using the Google form. The sample of this researchconsists of 220 people in Indonesia who are interested in the smartphone industry.Respondents from this study were consumers who used smartphones at least in the last1 year. The data from this study are cross-sectional data where the data is obtainedwithin a predetermined time. Data analysis to test the hypothesis using StructuralEquation Model (SEM) analysis. The results of this study explain that Brand Love hasa positive effect on Self-Esteem. Self – Esteem has a positive effect on Brand Loyalty.Meanwhile, Brand Love has a positive effect on Brand Trust. Then, Brand Trust has apositive effect on Brand Loyalty, Self Esteem mediates the effect of Brand Love onBrand Loyalty. Brand Trust mediates the effect of Brand Love on Brand Loyalty.Several other suggestions for managers are also described in this study. Consumerbehavior and preferences are very important to maintain a company's long-termrelationship with consumers in the form of company business continuity and consumerloyalty. For further research it is suggested to use different variables such as emotional commitment and behavioral commitment