Pengaruh health consciousness, perceived healthiness, marketing placebo effect terhadap purchase intention.
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran kesehatan, persepsi kesehatan, dan efek plasebo pemasaran terhadap niat beli. Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei dan analisis model persamaan struktural (SEM), penelitian ini melibatkan 202 responden yang memenuhi kriteria sebagai konsumen minuman rendah gula. Temuan utama menunjukkan bahwakesadaran kesehatan dan efek plasebo pemasaran berpengaruh positif terhadap persepsi kesehatan, dan efek plasebo pemasaran juga berpengaruh positif terhadap niat beli. Namun, kesadaran kesehatan tidak secara langsung mempengaruhi niat beli. Temuan ini mengimplikasikan bahwa strategi pemasaran berbasis klaimkesehatan dapat meningkatkan persepsi dan niat beli produk rendah gula.
T This study aims to analyses the influence of health awareness, health perception, and marketing placebo effect on purchase intention. Using quantitative methods with survey data collection techniques and structural equation modelling (SEM) analysis, this study involved 202 respondents who met the criteria as consumers oflow-sugar drinks. The main findings showed that health awareness and marketing placebo effect had a positive effect on health perception, and marketing placebo effect also had a positive effect on purchase intention. However, health awareness did not directly influence purchase intention. This finding implies that health claimbased marketing strategies can increase the perception and purchase intention of low-sugar products.