Efek mediasi daya tanggap rantai pasokan pada pengaruh kemitraan pemasok strategis, berbagi informasi, dan hubungan pelanggan terhadap kinerja perusahaan makanan dan minuman di Jakarta
K Kegagalan dalam menanggapi permintaan pesanan yang berubah-ubah, masalah masalah rantai pasok baik dari internal maupun eksternal merupakan masalah umum yang selalu terjadi dalam berbagai bisnis, hal ini tidak terlepas dari trend pasar yang juga terus berubah-ubah sehingga keinginan dan kebutuhan konsumen pun ikut berubah. Peran perusahaan dalam memenuhi permintaan pesanan konsumen yang selalu tidak pasti dan mempertahankan kinerja perusahaan merupakan isu yang diperdebatkan di antara para sarjana. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki efek mediasi daya tanggap rantai pasok pada kemitraan pemasok strategis, berbagi informasi, dan hubungan pelanggan terhadap kinerja perusahaan makanan dan minuman di Jakarta. Tujuh hipotesis dirumuskan dan diuji dengan menggunakan teknik statistic korelasi dan regresi pada data yang dikumpulkan dari 202 responden melalui survei kuisioner dan Teknik purposive sampling. Temuan, kemitraan pemasok strategis, berbagi informasi dan hubungan pelanggan secara positif dan signifikan mempengaruhi daya tanggap rantai pasokan dan daya tanggap rantai pasokan juga berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, selain itu kemitraan pemasok strategis, berbagi informasi dan hubungan pelanggan secara positif dan signifikan mempengaruhi kinerja perusahaan. Berdasarkan temuan ini, manajer diharapkan dapat tanggap terhadap masalah-masalah rantai pasokan yang akan datang secara tiba-tiba dengan menerapkan beberapa praktek manajemen yang sesuai sehingga kinerja perusahaan dapat ditingkatkan.