Determinan pembelian produk ramah lingkungan: intrinsic religious orientation dan sikap pada lingkungan
P enelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh intrinsic religious orientation terhadap sikap pada lingkungan, intrinsic religious orientation terhadap pembelian produk ramah lingkungan, sikap pada lingkungan terhadap pembelian produk ramah lingkungan, dan moderasi intrinsic religious orientation terhadap pengaruh sikap pada lingkungan terhadap pembelian produk ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan di Jakarta, unit analisis yang digunakan adalah konsumen yang memahami apa itu produk ramah lingkungan. Jumlah populasi penelitian sangat banyak, dan tidak jelas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 150, metode penarikan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling, dengan teknik penarikan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa intrinsic religious orientation tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap sikap pada lingkungan, intrinsic religious orientation secara signifikan berpengaruh positif terhadap pembelian produk ramah lingkungan, sikap pada lingkungan secara signifikan berpengaruh positif terhadap pembelian produk ramah lingkungan, dan intrinsic religious orientation tidak memoderasi pengaruh sikap pada lingkungan, terhadap pembelian produk ramah lingkungan.