Pengaruh praktek ramah lingkungan terhadap manfaat pelanggan melalui manfaat sumber daya manusia
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah Praktek Ramah Lingkungan merupakan faktor pembentuk Manfaat Sumber Daya Manusia. Selain itu, penelitian ini juga menguji dan menganalisis pengaruh Manfaat Sumber Daya Manusia terhadap Manfaat Pelanggan pada industri pompa di PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (persero). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan 50 kuesioner pada bagian supervisor, pemasaran, serta sumber daya manusia. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling, serta rancangan penelitian yang digunakan adalah pengujian hipotesis. Metoda analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Praktek Ramah Lingkungan terhadap Manfaat Pelanggan melalui Manfaat Sumber Daya Manusia.
T he purpose of this research is to test and analyze whether Green Operations Practices is the forming factors of HR Benefits. Further more, another purpose of this research is to test and analyze the effect of HR Benefits towards Customer Benefits on PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung. The data used on this research is obtained by distributing 50 questionnaires on supervisor, marketing division, and human resources division. The sampling technique used on this research is Total Sampling technique. The analysis method used on this research is path analysis using SPSS version 21 software. The results of this research shows that there is an influence of Green Operations Practices towards Customer Benefits trough HR Benefits.