Pengaruh product innovation, social media marketing, dan electronic word of mouth terhadap purchase decision yang dimediasi oleh brand image pada perusahaan produk gadai.
P Penelitian ini menggunakan desain pengujian hipotesis untuk menilai pengaruh product innovation, social media marketing dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap purchase decision yang dimediasi oleh brand image. Metode yang digunakan ialah penelitian kausal, yang bertujuan untuk menentukan sejauh mana variabel independen memengaruhi variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari nasabah Pegadaian, Pusat Gadai, dan BSI. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan menentukan sampel berdasarkan estimasi. Dengan 31 indikator yang digunakan dalam penelitian ini, jumlah sampel minimal yang diperlukan adalah sekitar 155-310. Secara total, responden dalam penelitian ini berjumlah 223 orang. Hasil penelitian menunjukan Product innovation, social media marketing, dan e-WOM tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap purchase decision, namun brand image memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap purchase decision. Product innovation dan social media marketing memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap brand image, namun e-WOM tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap brand image. Product innovation, social media marketing, dan e-WOM berpengaruh positif terhadap purchase decision saat dimediasi oleh brand image.
T This study employs a hypothesis testing design to assess the influence of product innovation, social media marketing, and electronic word of mouth (e-WOM) on purchase decision, mediated by brand image. The method used is causal research, which aims to determine the extent to which independent variables affect the dependent variable. The population of this study consists of customers from Pegadaian, Pusat Gadai, and BSI. The study uses Structural Equation Modeling (SEM) and determines the sample size based on estimation. With 31 indicators used in this study, the minimum required sample size is approximately 155-310. A total of 223 respondents participated in the study. The results show that product innovation, social media marketing, and e-WOM do not have a significant positive effect on purchase decision, whereas brand image has a significant positive effect on purchase decision. Product innovation and social media marketing have a significant positive effect on brand image, but e-WOM does not have a significant positive effect on brand image. Product innovation, social media marketing, and e-WOM have a positive effect on purchase decision when mediated by brand image.