Pengaruh value co-creation dan hospital brand image terhadap patient loyalty serta revisit intention di rumah sakit gigi mulut jakarta.
R Rumah sakit gigi dan mulut (RSGM) merupakan industri kesehatan yang mengalami perkembangan dan peningkatan dalam beberapa tahun terakhir sehingga loyalitas pasien menjadi hal yang penting. Value Co-Creation yang terdiri dari participation behavior dan citizenship behavior, serta hospital brand image merupakan strategi kompetitif yang dilakukan saat ini. Penelitian ini dibuat untuk menganalisis patient participation behavior, patient citizenship behavior, hospital brand image terhadap patient loyalty dan revisit intention pada rumah sakit gigi dan mulut di Jakarta. Penelitian ini menggunakan kuesioner dari 175 responden yang disebarkan dengan teknik purposive sampling dan dianalisis dengan uji partial least square (PLS) yang merupakan salah satu pendekatan structural equation modeling (SEM). Pertama dilakukan uji model pengukuran dengan menguji validitas dan reliabilitas pada tiap indikator, dilanjutkan dengan model struktural untuk mengetahui hubungan antar variabel pada model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh positif dari patient participation behavior dan patient citizenship behavior terhadap patient loyalty. Namun, hasil penelitian menujukkan adanya pengaruh positif dari hospital brand image terhadap patient loyalty, dan dari patient loyalty terhadap revisit intention.
D Dental and oral hospitals (RSGM) have experienced significant development and growth in recent years, making patient loyalty a crucial aspect. Value-Co Creation, consisting of participation behavior and citizenship behavior, along with hospital brand image, are competitive strategies currently employed. This research aims to analyze patient participation behavior, patient citizenship behavior, hospital brand image, and their impact on patient loyalty and revisit intention in dental and oral hospitals in Jakarta. The study utilized a questionnaire distributed to 175 respondents using purposive sampling technique, and analyzed using partial least square (PLS) test, a structural equation modeling (SEM) approach. Firstly, a measurement model test was conducted to assess the validity and reliability of each indicator, followed by a structural model to determine the relationships between variables in the model. The results indicate that there is no positive influence from patient participation behavior and patient citizenship behavior on patient loyalty. However, the research findings show a positive influence of hospital brand image on patient loyalty, and from patient loyalty on revisit intention