Pengaruh creating shared value (csv) terhadap brand image dan loyalitas nasabah di pt pegadaian
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh creating shared value (CSV) terhadap brand image dan loyalitas pada Nasabah di PT Pegadaian. CSV adalah variabel independent yang memuat aspek nilai sosial, lingkungan, dan ekonomi. Kinerja CSV di fokuskan pada program CSV milik PT Pegadaian yaitu memilah sampah menabung emas dan the gade integrated farming. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto dengan structural equation model (SEM) yang dioperasikan menggunakan Amos versi 24. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan atau nasabah PT Pegadaian yang menerima manfaat program CSV yaitu program bank sampah memilah sampah menabung emas dan the gade integrated farming. Pengujian validitas menggunakan confirmatory factor analysis (cfa) Dan reliabilitas menggunakan nilai pengukuran konstruk dengan hasil valid dan reliabel. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sosial ke brand image, tidak terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan ke brand image, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara ekonomi ke brand image, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara brand image ke loyalitas nasabah. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa semakin tinggi kinerja CSV maka semakin memberikan citra positif untuk perusahaan yang mempengaruhi loyalitas nasabah.
T This research aims to analyze the influence of creating shared value (CSV) on brand image and customer loyalty at PT Pegadaian. CSV is an independent variable that contains aspects of social, environmental and economic values. CSV performance is focused on PT Pegadaian CSV program, namely sorting waste, saving gold and the gade integrated farming. This research uses an ex post facto quantitative approach with a structural equation model (SEM) which is operated using Amos version 24. Respondents in this research are customers or customers of PT Pegadaian who receive the benefits of the CSV program, namely the waste bank program for sorting waste, saving gold and the integrated gade. farming. Validity testing uses confirmatory factor analysis (CFA) and reliability uses construct measurement values with valid and reliable results. Data analysis uses descriptive statistical analysis and path analysis. The results of the research show that there is a positive and significant influence between social and brand image, there is no significant influence between the environment and brand image, there is a positive and significant influence between the economy and brand image, and there is a positive and significant influence between brand image and customer loyalty. The results of this research provide information that the higher the CSV performance, the more it provides a positive image for the company which influences customer loyalty.