Analisis sengketa merek terkenal ditinjau dari Undang-Undang no. 20 Tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis (Studi kasus BMW mobil dengan BMW pakaian jadi)
T Tesis dengan Judul “Analisis Sengketa Merek Terkenal Ditinjau Dari Undang-Undang No.20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis (Studi Kasus BMW Mobil Dengan BMW Pakaian Jadi)â€, Program Studi Magister Hukum Universitas Trisakti Pembimbing Dr. Ir. Syarifuddin, SH. MH.Pembahasan ini akan dilakukan dengan melihat permasalahan Merek dalam kaitan dengan pengaturan merek terkenal dalam perundangan Nasional. Merek sendiri adalah merupakan salah satu hasil karya yang lahir atau dihasilkan oleh manusia melalui kemampuan intelektualitasnya, baik melalui daya cipta, rasa dan karsa. Hasil karya ini dihasilkan dengan pengorbanan tenaga, pikiran, waktu bahkan dengan biaya yang tak sedikit sehingga menjadi suatu produk lebih berkualitas. Merek tersebut dikembangkan untuk menjaga reputasi perusahaan agar tetap terjaga dengan baik di dunia perdagangan. Penelitian dilakukan secara yuridis dengan mempelajari asas-asas dan teori hukum yang relevan untuk menemukan konsep sipenyelesaian yang dapat digunakan dilapangan berupa ketentuan yang berkaitan dengan analisis sengketa merk terkenal di tinjau dari Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Undang-Undang No.15 Tahun 2001 mendapat perbaikan dengan adanya Undang-Undang No.20 Tahun 2016. Dalam tesis ini dibahas juga sebagai studi kasus merek BMW Mobil Dengan BMW Pakaian Jadi dengan putusan Nomor 29 PK/Pdt.Sus-HKI/2016 dan putusan pengadilan ini masih menerapkan Undang-Undang No.15 Tahun 2001.