DETAIL KOLEKSI

Perancangan pengukuran kinerja departemen human resource dengan menggunakanmetode human resources scorecard di PT. Albasi Priangan Lestari


Oleh : Mila Amalia Maulida

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Pembimbing 2 : Arnes Faradilla

Subyek : Personnel management;Organizational effectiveness

Kata Kunci : performance measurement, human resource scorecard, balanced scorecard, swot analysis, pairwise compa

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_STI_063001800014_-Halaman-Judul.pdf 15
2. 2023_TA_STI_063001800014_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2023_TA_STI_063001800014_-Bab-1_Pendahuluan.pdf 22
4. 2023_TA_STI_063001800014_-Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 24
5. 2023_TA_STI_063001800014_-Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 16
6. 2023_TA_STI_063001800014_-Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 74
7. 2023_TA_STI_063001800014_-Bab-5_Kesimpulan.pdf 6
8. 2023_TA_STI_063001800014_Daftar-Pustaka.pdf 2
9. 2023_TA_STI_063001800014_-Lampiran.pdf 12

P PT. Albasi Priangan Lestari saat ini sedang mengalami penurunan produktivitas dan pendapatan perusahaan yang diakibatkan dari jumlah ketidakhadiran yang tinggi dan meningkat, kurangnya motivasi untuk menumbuhkan semangat bekerja pada karyawan, banyaknya jumlah turnover karyawan, adanya kecelakaan kerja pada karyawan, hasil produksi yang tidak mencapai target, adanya keluhan karyawan, tingginya karyawan yang menerima surat peringatan, dan kurangnya pelatihan khusus. Maka dari itu, perusahaan perlu mengetahui hasil evaluasi kinerja Human Resources Department (HRD) yang diharapkan dapat memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kinerja HRD. PT. Albasi Priangan Lestari belum memiliki sistem pengukuran kinerja departemen human resources secara keseluruhan sehingga digunakanlah Human Resources Scorecard (HRSC) yang merupakan sistem pengukuran kinerja yang mengaitkan antara Sumber Daya Manusia, strategi perusahaan, dan kinerja yang dilihat berdasarkan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan learning and growth. Metode ini akan menjabarkan visi,misi, dan strategi. Langkah dari perancangan model HRSC yaitu menerjemahkan visi dan misi kedalam empat perspektif, perancangan peta strategi Balanced Scorecard dan HRSC, mengidentifikasi HR Deliverable, menyelaraskan HR Architecture dengan HR Deliverable, lalu merancang pengukuran kinerja dengan measurement (KPI), target, dan inisiatif. Pembobotan untuk setiap tujuan strategis menggunakan Pairwise Comparison. Berdasarkan model HRSC yang telah dirancang, didapatkan nilai terkecil adalah perspektif pelanggan yaitu sebesar 2, nilai perspektif keuangan dan perspektif learning & growth adalah 3, dan nilai perspektif proses bisnis internal adalah 4,32. Berdasarkan nilai indeks kinerja menggunakan Skala Likert, hasil pengukuran kinerja secara keseluruhan yaitu 2.9 yang termasuk pada kategori “Kurang Baik”. Maka dari itu, dilakukanlah peninjauan kembali pada perspektif pelanggan dan diberikan usulan perbaikan.

P PT. Albasi Priangan Lestari is currently experiencing a decline in productivity and company income resulting from high and increasing numbers of absenteeism, lack of motivation to foster enthusiasm for work in employees, large number of employee turnover, work accidents among employees, production results that do not reach the target, the employee complaints, the high number of employees receiving warning letters, and the lack of specific training. Therefore, the company needs to know the results of the performance evaluation of the Human Resources Department (HRD) which are expected to provide suggestions for improvements to improve HRD performance. PT. Albasi Priangan Lestari does not yet have a performance measurement system for the human resources department as a whole, so the Human Resources Scorecard (HRSC) is used, which is a performance measurement system that links Human Resources, company strategy, and performance viewed from four perspectives, namely financial, customer, process internal business, and learning and growth. This method will describe the vision, mission, and strategy. The steps of designing the HRSC model are translating the vision and mission into four perspectives, designing a Balanced Scorecard and HRSC strategy map, identifying HR Deliverables, aligning HR Architecture with HR Deliverables, then designing performance measurements with measurements (KPIs), targets and initiatives. Weighting for each strategic goal using Pairwise Comparison. Based on the HRSC model that has been designed, the smallest value obtained is the customer perspective which is equal to 2, the value of the financial perspective and the learning & growth perspective is 3, and the value of the internal business process perspective is 4.32. Based on the performance index value using the Likert Scale, the overall performance measurement result is 2.9 which is included in the "Not Good" category. Therefore, a review was carried out from the customer's perspective and suggestions for improvements were made.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?