Pengaruh diversifikasi dan corporate social responsibility terhadap manajemen laba dengan efektivitas komite audit sebagai variabel pemoderasi
Nomor Panggil : 123141028
Subyek : Social responsibility of business
Penerbit : FEB - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2017
Pembimbing 1 : Titik Aryati
Kata Kunci : earnings management, diversification, corporate social responsibility, and audit committee effective
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2017_TS_MAK_Eny-Purwaningsih_Halaman-Judul.pdf | 12 | |
2. | 2017_TS_MAK_Eny-Purwaningsih_Lembar-Pengesahan.pdf | 5 | |
3. | 2017_TS_MAK_Eny-Purwaningsih_Bab-1_Pendahuluan.pdf | 10 | |
4. | 2017_TS_MAK_Eny-Purwaningsih_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf | 90 |
|
5. | 2017_TS_MAK_Eny-Purwaningsih_Bab-3_Metode-Penelitian.pdf | 19 |
|
6. | 2017_TS_MAK_Eny-Purwaningsih_Bab-4_Hasil-dan-Pembahasan.pdf | 36 |
|
7. | 2017_TS_MAK_Eny-Purwaningsih_Bab-5_Simpulan.pdf | 6 |
|
8. | 2017_TS_MAK_Eny-Purwaningsih_Daftar-Pustaka.pdf | 9 | |
9. | 2017_TS_MAK_Eny-Purwaningsih_Lampiran.pdf | 40 |
|
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diversifikasi dan corporate social responsibility dengan efektivitas komite audit sebagai variabel pemoderasi terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel independen dalam penelitian ini adalah diversifikasi bisnis, diversifikasi geografis, dan corporate social responsibility. Variabel dependen yang digunakan adalah manajemen laba diukur menggunakan discretionary accruals. Variabel moderating penelitian ini adalah efektivitas komite audit menggunakan proksi keahlian komite audit, dan jumlah rapat komite audit.Data untuk penelitian ini diperoleh dari data sekunder. Sampel yang digunakan adalah 299 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 5 tahun (2011-2015). Teknik pengambilan sampel penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diversifikasi bisnis berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Sedangkan, diversifikasi geografis dan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Hasil pengujian pada variabel moderating menunjukkan bahwa keahlian komite audit dapat memoderasi hubungan antara diversifikasi bisnis dan manajemen laba. Variabel kontrol pertumbuhan penjualan, leverage, dan reputasi kantor akuntan publik berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.