Analisis komponen pasang surut untuk menentukan elevasi dermaga pada Pelabuhan Pangkal Balam
P Pelabuhan Pangkal Balam merupakan suatu daerah yang terletak di provinsi Kepulauan Bangka Belitung,. Lokasi pelabuhan yang berbatasan langsung dengan selat, sehingga diperlukan pelabuhan Pangkal Balam sebagai prasarana transportasi laut. Dalam perencanaan dermaga pada pelabuhan ini membutuhkan perhitungan analisis pasang surut dengan menggunakan metode admiralty. Metode ini menggunakan data survei pasang surut selama 29 piantan (29 hari). Metode admiralty membutuhkan 8 skema pada perhitungannya untuk mendapatkan hasil komponen pasang surut yang selanjutnya akan dihitung pasang tertinggi dan pasang terendahnya dalam menentukan elevasi dermaga yang sesuai. Perencanaan elevasi dermaga sangat dibutuhkan untuk fungsi dermaga itu sendiri agar dapat digunakan dalam kondisi surut tertinggi dan terendah. Secara keseluruhan hasil penelitian ini memperoleh tipe pasang surut yang terjadi pada Pelabuhan Pangkal Balam merupakan Tipe Pasang Surut Jenis Campuran Condong ke Harian Ganda (Mixed Semi-Diurnal). Dengan hasil bilangan Formzhal sebesar 0,96. Elevasi muka air laut tertinggi (HWS) diperoleh dengan perhitungan admiralty sebesar 2,096 mLWS. Dengan begitu maka elevasi dermaga diperoleh sebesar 3,096 mLWS dengan Energi Tumbukan sebesar 1,015 ton maka direncanakan Tipe Fender V dengan energi serap 2 ton-m dan reaction force sebesar 18,8 ton.
P Pangkal Balam Port is an area in the province of the Bangka Belitung Islands,. The location of the port is directly next to the strait, so Pangkal Balam port is needed as a sea transportation infrastructure. In planning the pier at this port, it is necessary to calculate the tidal analysis using the admiralty method. This method uses tidal survey data for 29 piantans (29 days). The admiralty method requires 8 schemes in its calculation to get the results of the tidal components which will then be calculated for the highest and lowest tides in determining the proper pier elevation. The design of the pier elevation is needed for the function of the pier itself so that it can be used in the highest and lowest low tide conditions. Overall, the results of this study obtained that the types of tides that occur at Pangkal Balam Port are Mixed Semi-Diurnal Types of Tidal Types. With the result of the Formzhal number of 0.96. The High Water Springs sea level elevation (HWS) was obtained by calculating the admiralty of 2.096 mLWS. That way, the dock elevation is 3,096 mLWS with a berthing energy of 1,015 tons, so the type of Fender is type V which is planned with an absorption energy of 2 tons-m and a reaction force of 18.8 tons.