Analisa pengaruh geometri jalan angkut pada pemindahan overburden untuk mencapai taget produksi alat gali muat dan alat angkut di pt mitra barito lumbung energi, kecamatan teweh tengah, kabupaten barito utara, provinsi kalimantan tengah
P PT Mitra Barito Lumbung Energi merupakan merupakan salah satu perusahaan kontraktor pertambangan yang berfokus dalam bidang pertambangan batubara. Pada penelitian saat penelitian ini dilakukan di PT Mitra Barito Lumbung Energi Jobsite PT Kalimantan Prima Nusantara yang dimana menggunakan metode penambangan terbuka (open pit mining), dalam kegiatan operasinya menggunakan excavator sebagai alat gali muat dan dump truck sebagai alat angkut.Pada penelitian ini membahas mengenai ketercapaian target produksi overburden. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi nilai produktivitas yang efisiens salah satunya yaitu geometri jalan, dimana alat angkut akan melintasi melalui jalan dari loading point menuju dumping area (disposal). Pada penelitian ini akan mengevaluasi mengenai ketercapaian produktivitas yang efektif terhadap optimalisasi mengenai geometri jalan yang cocok dengan kapabilitas alat. Dengan hasil dari penelitian ini akan mengetahui berapa banyak jumlah ideal dari alat gali dan alat angkut untuk mencapai target produksi dan juga dengan dilakukannya pengoptimalan lebar jalan pada kondisi lurus sebesar 12,11 meter dan lebar jalan kondisi tikungan 10,78 meter serta pengoptimalan grade jalan yang tidak lebih dari 8%. Setelah dilakukan nya simulasi pengoptimalan lebar dan grade jalan didapatkanPeningkatan waktu edar alat angkut dimana aktual nya sebesa 13,52 menit menjadi 10,12 menit dan di dapat peningkatan produktivitas dari 286,22 BCM/Jam menjadi408,87 BCM/Jam.
P PT Mitra Barito Lumbung Energi is a mining contractor company that focuses on coal mining. In the current research, this research was carried out at PT Mitra Barito Lumbung Energi Jobsite PT Kalimantan Prima Nusantara which used the open pit mining method, in its operational activities using excavators as loading digging tools and dump trucks as transportation tools. achievement of cover layer production targets. There are several factors that influence the value of efficient productivity, one of which is road geometry, where transport equipment will cross the road from the loading point to the disposal site. This research will discuss achieving effective productivity by optimizing road geometry that is suitable for tool capabilities. With the results of this research, we will find out the ideal number of digging tools and transport equipment to achieve production targets and also by checking the width of the road in straight conditions of 12.11 meters and the width of the road in curved conditions of 10.78 meters as well as fiddling with the road grade. which is not more than 8%. After carrying out the simulation, the width and grade of the road are obtained Increased transport equipment circulation time, which is actually 13.52 minutes to 10.12 minutes and can increase productivity from 286.22 BCM/hour to 408.87 BCM/Hour.