Pengaruh subjective norm, perceived control, sincerity, excitement, competence, sophistication terhadap purchase intention melalui attitude
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari Subjective Norm, Perceived Control, Sincerity, Excitement, Competence, Sophistication terhadap Purchase Intention melalui Attitude. Sebuah model konseptual diajukan dan diuji dalam konteks makanan organik dan makanan non-organik. Makanan organik yang dikenal dengan tingkat kesehatan makanan yang tinggi menjadi pilihan konsumen saat ini.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 200 orang konsumen dari makanan organik dan non-organik yang telah berpartisipasi sebagai responden dalam penelitian ini. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis SEM.Hasil dari penelitian ini mendukung hipotesis mengenai Subjective Norm berpengaruh positif terhadap Attitude, Perceived Control berpengaruh positif terhadap Attitude, Sincerity berpengaruh positif terhadap Attitude, Excitement berpengaruh positif terhadap Attitude, Competence berpengaruh positif terhadap Attitude, Sophistication berpengaruh positif terhadap Attitude dan Attitude berpengaruh positif terhadap Purchase Intention. Hasil penelitian menunjukan variable attitude yang paling dominan maka produsen makanan organik harus selalu memperhatikan variable lainnya seperti perceived control, subjective norm, excitement, sincerity, competency dan sophistication agar bisa terkendali oleh pemasar dan harus benar-benar diperhitungkan sehingga mempengaruhi purchase intention, pernyataan diatas sesuai dengan hasil pra – penelitian yang penulis lakukan, sehingga semakin tinggi pengetahuan konsumen akan makanan organik dibandingkan dengan makanan non – organik semakin tinggi pula minat beli konsumen terhadap makanan organic untuk itu variable – variable yang digunakan dalam penelitian ini hendaknya ditambah atau dikembangkan dengan cara menambah variable yang ada untuk membentuk keputusan pembelian.
T This study aims to examine and analyze the effect of the Subjective Norm, Perceived Control, Sincerity, Excitement, Competence, Sophistication to Purchase Intention through Attitude. A conceptual model proposed and tested in the context of organic and non-organic food. Organic foods are known with a high level of food safety consumer preferences when ini.Sampel used in this study was 200 consumers of organic and non-organic has participated as respondents in this study. Tests carried out using SEM.Hasil analysis of this study support the hypothesis of Subjective Norm positive effect on Attitude, Perceived Control positive influence on Attitude, Attitude Sincerity positively affects, Excitement positive influence on Attitude, Competence positive influence on Attitude, Sophistication positive effect on Attitude and Attitude positive influence on Purchase Intention. The results showed a variable attitude of the most dominant then organic food producers should always consider other variables such as perceived control, subjective norm, excitement, sincerity, competency and sophistication to be controlled by the marketer and should really be taken into account so that influence purchase intention, the above statement in accordance the results of pre - research by the author, so the higher knowledge of the consumer will be organic foods compared with foods of non - organic higher the consumer buying interest towards organic food for the variables - variables used in this study should be added or amended by adding variable that is to form a purchasing decision.