Pengaruh iklan media luar ruang pada ruang publik di kota Jakarta Selatan
P Papan reklame adalah media luar ruang untuk iklan kampanye politik yang dapat memberikan stimulasi rangsangan langsung kepada masyarakat penonton melalui pengaturan visual seperti layar besar melalui warna dan gambar. Pemasangan titik reklame di satu sisi tidak terlepas dari peran masyarakat sebagai objek konsumsi isi reklame dan merambah kawasan ruang publik perkotaan yang merupakan tempat berinteraksinya antar masyarakat dalam suatu ruang perkotaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna bahasa visual secara verbal dan non-verbal dan penempatan tata letak iklan melalui analisis semiotika yang terkandung dalam iklan media luar ruang pada ruang publik di Jalan Dr .Saharjo-Setiabudi Kota Jakarta Selatan (Kampanye Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2017). Dalam menjawab permasalahan tersebut,penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pemaparan secara deskriptif dan interpretatif yang didukung oleh teori semiotika Roland Barthes.Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh langsung melalui cara observasi terhadap objek penelitian dan diperoleh dari literatur ,jurnal ,serta sumber-sumber bacaan dari internet yang berkaitan dengan penelitian ini.Selanjutnya,teknik pengelolaan dan analisis data dilakukan melalui pengumpulan data yang terkait dengan penelitian,reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menemukan makna semiotika berupa gambaran kepribadian,aktifitas,prinsip serta tujuan calon pasangan yang memiliki persamaan dan perbedaan makna signifikan di beberapa bagian objek yang menjadi bahan penelitian
T The billboard is an out door media for political campaign advertising that can provide stimulation of direct stimulation to the audience community through visual arrangements such as large screens through color sand images.Installation of bill board point on one side cannot be separated from society role as object of advertisement consumption of advertisementand penetrated urban public space area which is place interaction between society in an urbanspace.The purpose of this research is to know the meaning of visual language verbally and non verbal and placement of advertisementlay out through semiotic analysis which is contained in advertisement of out door media in public space at Jakarta Selatan (Campaign for Election of Governor Candidate and Vice Governor of Jakarta 2017).In answering the problem,this research uses qualitative method with descriptive and interpretative descriptions supported by Roland Barthes's semiotics theory.The sember of data in this study is obtained directly through the way of observation of the object of research and obtained from literature,journals,and sources of reading from the internet as sociated withth is research.Further more,data management and analys is techniques are conducted through data collection related to research,data reduction, data presentation and conclusion.The results of this study to find the meaning of semiotics in the formofade scription of personality,activities,principles and goals of prospective couples who have similarities and significant meanings differences in some part soft the object that became the research material