Seni fotografi kontemporer dalam kajian semiotika post struktural : studi kasus foto Rhein II karya Andreas Gursky
T Tesis ini adalah kajian analisis tentang foto Rhein II karya Andreas Gursky, sebuahkarya fotografi kontemporer yang menampilkan banalitas secara sublim. Bagaimana fotoRhein II dengan elemen visualnya dapat menghasilkan makna dan nilai. Analisa kajianinimenggunakan metode semiotika menyimpulkan foto Rhein II sebagai karya yangmempunyai kode kompleks dan dikaji sebagai teks post struktural.Dalam seni kontemporer, fotografi menampilkan kebaruan-kebaruan perspektifnyasebagai suatu bentuk seni modern. Karya Rhein II adalah wujud seni fotografi kontemporerformat besar karya Andreas Gursky, seorang fotografer Jerman dengan latar belakangakademis. Rhein II dibuat dengan keahlian fotografi tinggi serta berlandaskan konsep-konsepseni postmodern. Karya ini merupakan suatu milestone penting dalam perkembangan duniaseni fotografi kontemporer. Terutama karena Rhein II mencapai puncak pencapaian tertinggidunia seni foto dalam angka penjualannya didunia.Dengan metode Semiotika Poststruktural, penulis mengupas dan melakukan kajianinterpretatif mendalam dan tajam. Langkah-langkah yang dilakukan di dalam penelitian inidiharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan keilmuan fotografi sebagai textsecara interaktif menggunakan metode tafsir yang dilandasi oleh Semiotika Post Struktural.
T This thesis is an analytical study of Andreas Gursky's Rhein II photo, a contemporaryphotographic work that displays sublime banality. The objective of this research is tounderstand how Rhein II photograph with their visual elements can generate meaning andvalue. The analysis using the semiotic post structural method concludes that Rhein II's photois an art work that has a complex code and is studied as a construction post text.In contemporary art, photography displays the novelty of its perspective as a modern artform. Rhein II's work is an art form of contemporary large-format photography by AndreasGursky, a German photographer with an academic background. Rhein II is made with highphotography skills and is based on the concepts of postmodern art. This work is an importantmilestone in the development of contemporary photography, mainly because Rhein II reachedthe pinnacle of the photo art world in terms of world auction sales.Using the Poststructural Semiotics method, the author explores and conducts a deep andsharp interpretive study. The steps taken in this research are expected to contribute to thedevelopment of photography as an interactive text using an interpretation method based onPost Structural Semiotics.