DETAIL KOLEKSI

Representasi budaya urban pada film animasi trungtung


Oleh : Wahyu Arnisa

Info Katalog

Pembimbing 3 : Wahyu Arnisa

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : R Drajatno Widi Utomo

Pembimbing 2 : Acep Iwan Saidi

Kata Kunci : animation, urban culture, semiotics

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_TS_MDP_191212110004_Halaman-Judul.pdf 10
2. 2024_TS_MDP_191212110004_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2024_TS_MDP_191212110004_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2024_TS_MDP_191212110004_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2024_TS_MDP_191212110004_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2024_TS_MDP_191212110004_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2024_TS_MDP_191212110004_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2024_TS_MDP_191212110004_Bab-1.pdf 7
9. 2024_TS_MDP_191212110004_Bab-2.pdf 43
10. 2024_TS_MDP_191212110004_Bab-3.pdf 6
11. 2024_TS_MDP_191212110004_Bab-4.pdf 100
12. 2024_TS_MDP_191212110004_Bab-5.pdf 3
13. 2024_TS_MDP_191212110004_Daftar-Pustaka.pdf 3
14. 2024_TS_MDP_191212110004_Lampiran.pdf 1

B Budaya merupakan gaya hidup yang diwariskan dari generasi ke generasi, yangmemainkan peran penting dalam membentuk identitas individu dan kelompok.Identitas budaya yang sering dijumpai pada daerah perkotaan disebut identitasbudaya urban. Identitas budaya urban merujuk pada cara hidup, nilai-nilai, gayahidup, dan tren yang berkembang di lingkungan perkotaan. Animasi merupakanfilm yang dapat menyajikan budaya dengan cara yang unik dan kreatif. Filmanimasi memungkinkan menggambarkan karakter mitologis, cerita rakyat, ataubudaya dengan cara yang menarik secara visual. Animasi Trungtung yangdiproduksi oleh Little Giantz Studio, mengangkat sebuah sebuah fenomenaurban Indonesia sebagai animasi. Penelitian ini menganalisis pesan dan maknadalam visual karakter serta narasi yang ada pada animasi Trungtung, sertabagaimana animasi ini merepresentasikan kebudayaan urban yang ada diIndonesia. Tujuannya adalah mengidentifikasi pesan dan makna dalam visualkarakter dalam animasi Trungtung, yang selanjutnya menggali lebih dalamterkait representasi kebudayaan urban pada animasi Trungtung. Penelitian inimenggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce dengan konsep triadik.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa visualisasi animasi Trungtungmerupakan representamen yang bersifat ikonik, indeksikal dan simbolik berelasidengan bentuk, warna dan karakter pada animasi Trungtung yang menghasilkanrepresentasi kebudayan urban Indonesia.

C Culture is a lifestyle passed down from generation to generation, playing asignificant role in shaping individual and group identities. The cultural identityoften found in urban areas is referred to as urban cultural identity. Urban culturalidentity encompasses the way of life, values, lifestyles, and trends that developin urban environments. Animation is a medium that can present culture in aunique and creative manner. Animated films allow for the depiction ofmythological characters, folk tales, or culture in visually engaging ways.Trungtung Animation, produced by Little Giantz Studio, addresses an urbanphenomenon in Indonesia through animation. This research analyzes themessages and meanings in the visual characters and narrative of Trungtunganimation, as well as how the animation represents urban culture in Indonesia.The goal is to identify the messages and meanings in the visual characters ofTrungtung animation and further explore the representation of urban culture inTrungtung animation. This study employs using semiotics, specifically CharlesSanders Peirce\\\'s triadic concept. The results conclude that the visualization ofTrungtung animation serves as iconic, indexical, and symbolic representamensrelated to the forms, colors, and characters in Trungtung animation, producing arepresentation of Indonesian urban culture.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?