Perancangan value proposition dan business model sebagai dasar kelayakan inovasi bisnis pada sistem genset hybrid PT. Inovasi Bio Elektrik Engineering
S aat ini listrik merupakan kebutuhan primer bagi masyakarat, dimana hampir dari semua aspek kehidupan bergantung pada listrik namun untuk beberapa daerah masih sulit untuk dialiri listrik. Energi alternatif adalah solusi untuk meningkatkan peran energy terbarukan dalam rangka mejamin keamanan pasokan energy untuk memenuhi kebutuhan energy. PT. Bioelektrik Engineering merupakan perusahaan yang melakukan pengembangan produk energy alternative hybrid dari biogas dengan memiliki kelebihan dapat digunakan memakai bahan bakar campuran (Bensin, Gas LPG, Natural Gas). Tujuan penelitian ini yaitu menentukan kelayakan inovasi bisnis dengan design thinking berdasarka pertimbangan Desirability, Feasibility, Viability menggunakan metode value proposition canvas. Pada aspek Desirability, produk genset hybrid memiliki target customer utama wirausaha dengan nilai produk genset dengan sistem hybrid memiliki lapisan waterproof dan sustainable energi, untuk menjalin hubungan yang baik dengan customer perusahaan melakukan after sales service, sales service, installation service, dan personal assistant. Pada aspek Feasibility, kegiatan yang dilakukan PT. Inovasi Biotek Engineering adalah kerjasama dengan pihak Litbang, pengembangan produk, pemasaran&sosialisasi, dan promosi melalui pameran dengan bekerja sama pihak BPPT-MEPPO dan SAPTAK untuk memperoleh sumber modal/investasi, SDM yang berpengalaman, dan alat kerja. Aspek viability, biaya diperoleh dari hasil penjualan produk, mengadakan pelatihan, dan project, dengan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran dan produksi. Hasil aspek Viability, diperoleh total net profit proyeksi penjualan produk genset hybrid yaitu Rp. 508.522.737,50 dengan BEP 392 unit selama 5 tahun dan Payback Periode selama 3 tahun 7 bulan. Net present value produk genset hybrid sebesar Rp 61.324.944,- dan Internal Rate of Return diperole 12,34%. Profit Index 1,65 maka perhitungan tersebut dapat dikatakan layak.
C urrently electricity is a primary need for society, where almost all aspects of life depend on electricity but for some areas is still difficult to electricity. Alternative energy is a solution to increase the role of renewable energy in order to guarantee the security of energy supply to meet energy needs. PT. Bioelectric Engineering is a company that develops alternative hybrid energy product from biogas with excess can be used using mixed fuel (Gasoline, LPG Gas, Natural Gas). The purpose of this study is to determine the feasibility of business innovation with design thinking based on Desirability considerations, Feasibility, Viability using value proposition canvas method. In the Desirability aspect, hybrid genset product has the main customer target of entrepreneur with value of generator product with hybrid system having waterproof and sustainable energy layer, to establish good relationship with customer company doing after sales service, sales service, installation service, and personal assistant. In the aspect of Feasibility, the activities undertaken by PT. Biotech Engineering Innovation is cooperation with R & D, product development, marketing & socialization, and promotion through exhibition by cooperating with BPPT-MEPPO and SAPTAK to obtain source of capital / investment, experienced human resources, and work tool. The viability aspect, the cost is derived from product sales, training, and projects, with costs incurred for marketing and production. The result of Viability aspect, obtained by net profit projection of hybrid genset product sales is Rp. 508,522,737.50 with BEP 392 units for 5 years and Payback Period for 3 years 7 months. Net present value of hybrid genset products of Rp 61,324,944, - and Internal Rate of Return dipole 12.34%. Profit Index 1.65 then the calculation can be said worthy.