Pengaruh corporate sosial responsibility terhadap kepuasan konsumen yang dimediasi oleh reputasi perusahaan pada restoran cepat saji di Jakarta
P enelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility terhadap kepuasan konsumen yang dimediasi oleh reputasi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris apakah kepuasan konsumen dan reputasi perusahaan berpengaruh signifikan dengan corporate social responsibility terhadap restoran cepat saji. penelitian ini dilakukan di kota Jakarta. penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. sample yang digunakan adalah konsumen dari restoran cepat saji, kuesioner yang digunakan sebanyak 240 kuesioner. penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM yang dioprasikan melalui program AMOS versi 22. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. corporate social reponsibility berpengaruh signifikan terhadap reputasi perusahaan. kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap reputasi perusahaan. terakhir, reputasi perusahaan sebagai variabel mediasi dalam pengaruh CSR terhadap kepuasan konsumen. Jadi, diharapkan untuk kedepannya restoran cepat saji tetap melanjutkan kegiatan CSR nya dan restoran cepat saji lebih peduli terhadap masyarakat Indonesia.
T his study aimed to examine the effect of corporate social responsibility on consumer satisfaction mediated by a reputable company. The purpose of this study was to test empirically whether the customer satisfaction and the company's reputation with a significant effect on the corporate social responsibility of fast food restaurants. This research carried out in the city. This research using primary data obtained by distributing questionnaires to the respondents. samples used are consumers of fast food restaurants, the questionnaire used as much as 240 questionnaires. determination of sample using purposive sampling method based on certain criteria. The analysis technique used in this study is that dioprasikan SEM through AMOS program version 22. The results of this study indicate that corporate social responsibility a significant effect on customer satisfaction. corporate social reponsibility significant effect on the company's reputation. customer satisfaction significantly influence the company's reputation. Finally, the company's reputation as a mediating variable in the effect of CSR on consumer satisfaction. Thus, it is expected for the future of fast food restaurants continue its CSR activities and fast food restaurants are more concerned about the people of Indonesia.