DETAIL KOLEKSI

Analisis sentimen kepuasan pelanggan terhadaplayanan gardu tol otomatis (gto) ruas jakartacikampekdengan data twitter menggunakan metode naïve bayes classifier


Oleh : Dini Amalia Armayanti

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Ahmad Zuhdi

Pembimbing 2 : Anung B. Ariwibowo

Subyek : Sentiment analysis

Kata Kunci : sentiment analysis, twitter, naïve bayes classifier

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_TIF_064001900016_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_TA_TIF_064001900016_Halaman-Pengesahan.pdf
3. 2023_TA_TIF_064001900016_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2023_TA_TIF_064001900016_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2023_TA_TIF_064001900016_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2023_TA_TIF_064001900016_Bab-4_Hasil-dan-Pembahasan.pdf
7. 2023_TA_TIF_064001900016_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2023_TA_TIF_064001900016_Daftar-Pustaka.pdf

J Jalan tol Jakarta – Cikampek merupakan salah satu alternatif bagi pengendara daridaerah Jakarta menuju Bekasi dan sebaliknya. Setelah sistem pembayaran tolmenjadi otomatis, berbagai komentar masyarakat muncul di Twitter tentanglayanan gardu tol otomatis. Pendapat tersebut menuaikan pro dan kontra, membuatanalisis sentimen penting untuk penelitian ini. Penelitian ini melakukan analisissentimen menggunakan 202 data tweet langsung dari Twitter dengan metodeklasifikasi menggunakan metode Naïve Bayes Classifier. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui berapa banyak hasil sentimen positif, netral, dan negatifdari analisis sentimen kepuasan pelanggan terhadap layanan gardu tol otomatis ruasJakarta – Cikampek dengan data twitter menggunakan metode Naïve BayesClassifier dan mengukur tingkat akurasi dari metode Naïve Bayes Classifier dalammenganalisis sentimen atau opini masyarakat terhadap layanan gardu tol otomatisruas Jakarta – Cikampek. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa sentimen positifmendapat sebanyak 57%, sentimen netral mendapatkan sebanyak 126% dansentimen negatif mendapatkan sebanyak 19%. Kemudian hasil akurasi daripengujian data dengan Naïve Bayes Classifier mendapatkan sebesar 63%.

T The Jakarta-Cikampek toll road is one of the alternatives for drivers travelingbetween Jakarta and Bekasi, and vice versa. After the toll payment system becameautomated, various comments from the public emerged on Twitter regarding theautomatic toll gate services. These opinions ranged from positive to negative,making sentiment analysis essential for this research. This study conducts sentimentanalysis using 202 tweet data directly from Twitter, employing classificationmethod Naïve Bayes Classifier. The purpose of this research is to determine thecount of positive, neutral, and negative sentiment outcomes from the sentimentanalysis of customer satisfaction towards the automatic toll gate services on theJakarta-Cikampek toll road using the Naïve Bayes Classifier method, and tomeasure the accuracy level of the Naïve Bayes Classifier method in analyzingpublic sentiment or opinions regarding the automatic toll gate services on theJakarta-Cikampek toll road. The results of this research indicate that positivesentiment accounts for 57%, neutral sentiment for 126%, and negative sentimentfor 19%. Furthermore, the accuracy result from the data testing with the NaïveBayes Classifier is 63%.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?