Analisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan persepsi kepercayaan terhadap keputusan penggunaan teknologi qris dengan niat perilaku sebagai variabel intervening
P Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, mendorong Bank Indonesia menetapkan QRIS sebagai standar QR Code sistem pembayaran di Indonesia. Hal ini menjadikan perlunya mengetahui preferensi dalam menggunakan QRIS sebagai pembayaran digital. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui google form. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan QRIS disebarluaskan menggunakan aplikasi whatsapp grup. Teknik pengambilan sampel menggunakan 100 konsumen sebagai responden. Alat uji yang digunakan adalah SmartPLS4 dengan metode analisis PLS-SEM (Partial Least Squares-Structural Equation Modelling). Hasil penelitian ini menunjukan Persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap keputusan pengguna mengenai efisiensi pembayaran digital QRIS. Persepsi manfaat tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pengguna mengenai efisiensi pembayaran digital QRIS. Persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan pengguna mengenai efisiensi pembayaran digital QRIS. Persepsi kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pengguna mengenai efisiensi pembayaran digital QRIS. Persepsi niat berpengaruh positif terhadap keputusan pengguna mengenai efisiensi pembayaran digital QRIS. Variabel niat tidak bisa menjadi variabel Intervening karena memberikan pengaruh langsung atau tidak berperan dalam memediasi variabel risiko dan manfaat terhadap keputusan pengguna. Variabel niat bisa menjadi variabel Intervening yang memberikan pengaruh tidak langsung atau berperan dalam memediasi variabel kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pengguna.
T The increasingly rapid development of digital technology has encouraged Bank Indonesia to establish QRIS as the standard QR Code payment system in Indonesia. This causes the need to know preferences in using QRIS as a digital payment. This research is quantitative research using primary data obtained from distributing questionnaires via Google Form. The population in this research is consumers using QRIS who are channeled using the WhatsApp group application. The sampling technique uses 100 consumers as respondents. The test tool used is SmartPLS4 with the PLS-SEM (Partial Least Squares-Structural Equation Modeling) analysis method. The results of this research indicate that risk Perceived does not influence users decisions regarding the efficiency of QRIS digital payments. Perceived benefits do not have a positive influence on user decisions regarding the efficiency of QRIS digital payments. Perceived convenience has a positive influence on user decisions regarding the efficiency of QRIS digital payments. Perceived trust has a positive influence on user decisions regarding the efficiency of QRIS digital payments. Perceived intention has a positive influence on user decisions regarding the efficiency of QRIS digital payments. The intention variabel cannot be an Intervening variabel because it has a direct influence or does not play a role in mediating the risk and benefit variabels on user decisions. The intention variabel can be an Intervening variabel that provides an indirect influence or plays a mediating role in the variabels of comfort and trust in user decisions.