Adaptasi rancangan tata ruang kantor pasca pandemi studi kasus: Kantor PT Bank ANZ Indonesia
D Dari penelitian diatas ada beberapa elemen penting dalam adaptasi tata ruang kantor pasca pandemi yang dapat disimpulkan bahwa furniture modular dengan dimensi yang umum dipakai akan sangat mempermudah proses adaptasi tata ruang. Jarak antar meja patut dipertahankan sebesar 1.8 m karena berdampak signifikan saat dilakukan re-layout tata ruang. Jarak minimal ini selain karena alesan ergonomik juga karena alasan meneruskan protokol kesehatan. Dari elemen dinding temuan yang didapat adalah kurangi penggunaan dinding partisi tetap (fixed partition). Pembagian ruangan dapat menggunakan lemari multiguna yang dapat mudah dipindahkan. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami tantangan dan peluang adaptasi rancangan ruang kantor untuk mengembalikan lingkungan kerja yang berkelanjutan pasca pandemi. Implikasi praktis dan teoritis dari temuan ini dapat digunakan sebagai landasan untuk pengembangan strategi desain ruang kantor yang lebih adaptif dan berkelanjutan di masa depan.