Usulan peningkatan usability website online dana pensiun Bank Indonesia (DAPENBI) menggunakan Metode Webuse dan Usability Testing
U Usulan Peningkatan Usability Website Online Dana Pensiun Bank Indonesia (DAPENBI) Menggunakan Metode Webuse dan Usability Testing.Website Dana pensiun Bank Indonesia (DAPENBI) adalah website yangberperan sebagai salah satu website yang bergerak di bidang Pengelolaan Dana PensiunPemberi Kerja (DPPK) yang menjalankan Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP).Website DAPENBI ini digunakan oleh pensiunan Bank Indonesia untuk menghitungmanfaat pensiun dan memberikan layanan, mencari informasi kegiatan pensiunan BankIndonesia. Masalah yang terdapat dari website DAPENBI adalah masalah yang terkaitdengan errors dan juga tampilan desain. Penelitian yang dilakukan bertujuan untukmengukur tingkat usability website DAPENBI dengan menggunakan metode usabilitytesting dan Web Usability Evaluation Tool (WEBUSE) serta memberikan usulanperbaikan untuk memberikan peningkatan usability.Penelitian ini terbagi dalam limatahapan utama yaitu analisis website saat ini,pengukuran usability, identifikasipenyebab masalah usability di website DAPENBI, perbaikan website dan evaluasi hasilperbaikan. Pengguna website diminta menyelesaikan task dan kuisioner untukmendapatkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari pengukuran awalmenunjukan usability testing dengan menggunakan use questionnaire danmenggunakan 4 aspek mendapatkan nilai rata-rata usefulness 3,85, ease of use 3,845,ease of learning 2,83 dan satisfaction 2,76.. Hasil dari metode WEBUSE dilihat dari 4variabel Konten,penyusunan dan kemudahan dalam membaca, Desain antarmuka,Navigasi dan tombol penghubung dan Kinerja dan aktivitas mendapatkan poinusability dan level usability 0,583 (Moderate), 0,542 (Moderate), 0,583 (Moderate)dan 0,667 (Good). Terdapat permasalahan dan memberikan usulan perbaikan terkaiterror pada halaman login, memberikan perbaikan tampilan desain layanan surveypelayanan pensiun maupun desain upload data kelengkapan dan yang terakhirmemberikan perbaikan pada halaman “hubungi kamiâ€. Hasil dari evaluasi perbaikanyang dilakukan mendapatkan hasil menunjukan peningkatan usability testingmenggunakan use questionnaire mendapatkan nilai rata-rata hasil perbaikan usefulness4,25, ease of use 4,36, ease of learning 4,32, dan satisfaction 4,24 dan metode webusemendapatkan nilai rata-rata hasil perbaikan 0,788 (Good), 0,796 (Good), 0,792 (Good)dan 0,783 (Good). Bedasarkan hasil penelitian metode usability testing dan WEBUSEdapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan sebelum adanyausulan perbaikan dan sesudah usulan perbaikan.
P Proposal for Increasing Usability of Website Online Dana PensiunBank Indonesia (DAPENBI) Using Metodh WEBUSE and UsabilityTestingBank Indonesia Pension Fund Website (DAPENBI) is a website that serves as one ofthe websites engaged in the Management of Employer Pension Fund (DPPK) whichruns the Definite Benefit Pension Program (PPMP). Dapenbi's website is used byretired Bank Indonesia to calculate pension benefits and provide services, seekinginformation on the activities of Retired Bank Indonesia. The problem contained fromdapenbi website is the problem related to errors and also the appearance of design.The research was conducted to measure the usability level of DAPENBI website byusing usability testing method and Web Usability Evaluation Tool (WEBUSE) andprovide proposed improvements to provide improved usability. This research is dividedinto five main stages, namely website analysis, measurement of usability, identificationof problems, website improvement and evaluation of improvement results. Websiteusers are asked to complete tasks and questionnaires to get qualitative and quantitativeanalysis. The results of the initial measurement showed usability testing using a usequestionnaire and using 4 aspects obtained an average usefulness value of 3.85, easeof use 3,845, ease of learning 2.83 and satisfaction of 2.76.. The results of the WEBUSEmethod are seen from 4 variables Content, preparation and ease of reading, Interfacedesign, Navigation and connecting buttons and Performance and activity get points ofusability and usability levels of 0.583 (Moderate), 0.542 (Moderate), 0.583 (Moderate)and 0.667 (Good). There are problems and provide proposed improvements related toerrors on the login page, provide improvements to the appearance of the design of thesurvey service retirement services as well as the design of upload completeness dataand the latter provide improvements on the "contact us" page. The results of theevaluation of improvements carried out obtained results showed an increase inusability testing using the use questionnaire obtained an average value of usefulnessimprovement results of 4.25, ease of use 4.36, ease of learning 4.32, and satisfaction4.24 and webuse methods get average improvement values of 0.788 (Good), 0.796(Good), 0.792 (Good) and 0.783 (Good). Based on the results of research methodsusability testing and WEBUSE can be concluded that there is a significantimprovement before the proposed improvement and after the proposed improvement.