Analisis dan perancangan ulang website spmb Trisakti berdasarkan usability testing pada mahasiswa Fakultas Teknologi Industri
W Website perguruan tinggi merupakan salah satu alat untuk membantu menyebarkaninformasi kepada stake holder terkait, salah satunya adalah mahasiswa. UniversitasTrisakti juga mempunyai website untuk membantu penyebaran informasi yang diperlukanoleh stakeholder antara lain SPMB (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru). Hal yangdifasilitasi website SPMB antara lain pengisian KRS, pembayaran kuliah, pencarianinformasi nilai, dan lainnya. Pada penelitan pendahuluan didapatkan adanya beberapakeluhan terhadap website SPMB Trisakti. Keluhan web tersebut antara lain respondenmerasa web tidak informatif, terdapat menu berulang, dan menu yang tidak berfungsi.Untuk mengatasi permasalahan ini, maka perlu dilakukan perbaikan terhadap websiteSPMB Trisakti. Penelitian ini berutujuan untuk menganalisis dan merancang ulangwebsite SPMB Trisakti menggunakan metode usability testing. Terdapat 3 kriteriausability yang dinilai, yaitu (1)effectiveness yang direpresentasikan oleh tingkatkeberhasilan mengerjakan tugas, (2)efficiency yang direpresentasikan oleh banyaknyamouse clicking dalam mengerjakan task, dan (3)satisfaction yang yang diukur denganmenggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil evaluasiditemukan usability problems yang terdapat pada web tersebut berupa web tidak memilikitampilan home, menu tidak informatif, menu berulang dan lainnya. Usability problemyang teridentifikasi selanjutnya dicari solusi pemecahannya yang mengacu pada HHSUsability Guideline [15]. Solusi tersebut diterapkan kedalam bentuk prototipe websiteberjenis low-fidelity yang dibuat menggunakan bantuan aplikasi Adobe Dream Weaverberupa prototipe website yang menyerupai website asilnya dan diujikan kembali kepadaresponden. Hasil yang didapatkan adalah kriteria usability meningkat yaitu rata-ratatingkat effectiveness awal sebesar 53% menjadi 82%, rata-rata tingkat efficiency awalsebesar 66% menjadi 92%, rata-rata nilai satisfaction awal sebesar 53,58 menjadi 70,67.
T The college website is one of the tools to help disseminate information to relatedstakeholders, one of them is the student. Such as New Student Admission System (SPMB)Trisakti, that makes communication between Trisakti students and lecturers becomeseasier. The things that SPMB website facilitates include filling credits, college payments,grade information searches, and others. In the preliminary research found somecomplaints against the SPMB Trisakti’s website. Website complaints include respondentsfeels that the web is not informative, there are repetitive menu, and menu that does notwork. To overcome this problem, it is necessary to make improvements to the websiteSPMB Trisakti. This research aims to analyze and redesign the SPMB Trisakti websiteusing usability testing method. There are 3 criteria of usability assessed: (1)theeffectiveness represented by the success rate of the task, (2)the efficiency represented bythe number of mouse clicking in the task, and (3)the satisfaction measured using theSystem Usability Scale (SUS ). Based on the evaluation results found usability problemscontained on the web such as web thw absence of home page, non informative menu,repetitive menu, and others. The identified usability problem is then sought for solutionsto the HHS Usability Guideline [15]. The solution is applied in the form of low-fidelityprototype of website which is made by Adobe Dream Weaver application thath is similarwith the original web and tested back to the respondents. The result obtained is usabilitycriterion which increases the average initial effectiveness level by 53% to 82%, theaverage initial efficiency level is 66% to 92%, the average initial satisfaction value is53,58 become 70,67.