DETAIL KOLEKSI

Analisis kinerja bongkar muat pada pelabuhan perikanan nusantara tual

0.0


Oleh : Fahrul Hario Baadila

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Suwandi Saputro

Subyek : Loading and unloading performance;Fishing port - Flow of goods

Kata Kunci : berth occupancy ratio, fishing port, loading and unloading, yard occupancy ratio.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_TS_051.12.097_Halaman-Judul.pdf 17
2. 2019_TA_TS_051.12.097_Bab-1.pdf 4
3. 2019_TA_TS_051.12.097_Bab-2.pdf
4. 2019_TA_TS_051.12.097_Bab-3.pdf
5. 2019_TA_TS_051.12.097_Bab-4.pdf
6. 2019_TA_TS_051.12.097_Bab-5.pdf
7. 2019_TA_TS_051.12.097_Daftar-Pustaka.pdf
8. 2019_TA_TS_051.12.097_Lampiran.pdf

P Pelabuhan Perikanan Nusantara Tual berlokasi di Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual Maluku Tenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganilisis kinerja bongkar muat dan untuk mengetahui kebutuhan dermaga 5 tahun mendatang. Kondisi pelabuhan ini untuk melaksanankan kegiatan bongkar muat masih belum efektif dikarenakan pendistribusian hasil perikanan masih belum teratur dan alat berat yang digunakan kurang memadai. Dermaga yang digunakan untuk kegiatan operasional pelabuhan pun tidak cukup luas untuk menampung kunjungan kapal perikanan yang terus meningkat. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan kinerja bongkar muat dalam segi pendistribusian hasil tangkapan dan perluasan dermaga. Analisa dilakukan dengan menggunakan program Ms. Excel model trend logaritma. Berdasarkan hasil analisis yang ditinjau dari nilai Berth Occupancy Ratio dan Yard Occupancy Ratio untuk 5 tahun mendatang dapat disimpulkan nilai Berth Occupancy Ratio melebihi 70% dan nilai Yard Occupancy Ratio kurang dari 60%. Maka dibutuhkan perluasan dermaga menjadi 481,91 m dan perluasan lapangan penumpukan agar dapat menampung arus barang yang terus meningkat.

N Nusantara fishing port of Tual is located in sub-district of South Dullah, Tual City, South East Maluku. The purpose of this research are to analyze performace of loading and unloading and to determine what is the pier needs for the next 5 years. Port condition are still not effective enough to carry out loading and unloading activities due to the distribution of fishery products are not settled and the heavy equipments are not adequate yet. Dock used for port operational were not large enough to accommodate visitation of fishin boat that might be increase. Therefore, improved performance in terms of distribution of loading and unloading of fishery products and the expansion of ports needs to be done. The analyzes were performed using Microsoft.Excel models of logarithm trend. According to analysis in terms of the value of Berth Occupancy Ratio and Yard Occupancy Ratio for the next 5 years can be asummed that the Berth Occupancy Ratio value exceeds 70% and the value of Yard Occupancy Ratio is less than 60%. It is necessary to expend the dock become 481.91 m and the expantion of the yard to accommodate the increase flow of goods.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?