Hubungan kualitas tidur dengan atensi pada siswa sekolah menengah atas
A Atensi adalah usaha pemusatan pikiran secara jelas dan sadar pada suatu objek untuk menghadapi objek tersebut. Bila terdapat gangguan pada atensi, maka seseorang akan sulit untuk mempelajari hal baru dan mengerjakan sesuatu yang membutuhkan atensi. Tidur merupakan keadaan yang sangat penting dalam kehidupan yang memainkan peran penting dalam perkembangan normal dan fungsi sehari-hari. Dari permasalahan tentang kualitas tidur dan atensi di atas, maka peneliti tertarik untuk mengetahui adanya hubungan kualitas tidur dengan atensi pada siswa Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan potong lintang. Responden didapat dengan teknik consecutive sampling. Pada responden yang memenuhi kriteria dilakukan pengisian kuesioner PSQI dan dilakukan Digit Span Test. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS dengan analisis univariat dan bivariat. Didapatkan jumlah responden sebanyak 87 orang dengan 26% siswa dengan tingkat atensi baik dan 74% siswa dengan atensi buruk. Dari hasil analisis bivariat didapatkan tidak ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan atensi pada siswa Sekolah Menengah Atas (p = 0,938). Tidak ada hubungan antara kualitas tidur dan atensi pada siswa Sekolah Menengah Atas.
A Attention is an attempt to focus the mind clearly and consciously on an object to face the object. If there is interference with attention, then someone will be difficult to learn new things and do something that requires attention. Sleep is a very important condition in life that plays an important role in normal development and daily functioning. From the problems regarding the quality of sleep and attention above, the researchers are interested in knowing the relationship between sleep quality and attention in high school students. This type of research is an observational study with a cross-sectional approach. Respondents were obtained by consecutive sampling technique. The respondents who met the criteria were filled out with the PSQI questionnaire and Digit Span Test was performed. The data obtained were processed using SPSS with univariate and bivariate analysis. There were 87 respondents with 26% of students with good attention and 74% of students with bad attention. From the results of bivariate analysis, there was no significant relationship between the quality of sleep with attention in high school students (p = 0.938). There is no relationship between sleep quality and attention in high school students.