Analisis proses transfer data percakapan telepon menggunakan sistem call data collection
Penerbit : FTI - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2005
Pembimbing 1 : Suhartati Agoes
Subyek : Telecommunication;Computer system programming;Quality control
Kata Kunci : telecommunication, computer system programming, quality control, data collection system, data transf
Status Posting : Published
Status : Tidak Lengkap
| No. | Nama File | Hal. | Link |
|---|---|---|---|
| 1. | 2005_TA_STE_06200056_Halaman-Judul.pdf | ||
| 2. | 2005_TA_STE_06200056_Lembar-Pengesahan.pdf | 3 | |
| 3. | 2005_TA_STE_06200056_Bab-1_Pendahuluan.pdf | 3 | |
| 4. | 2005_TA_STE_06200056_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf |
|
|
| 5. | 2005_TA_STE_06200056_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf |
|
|
| 6. | 2005_TA_STE_06200056_Bab-4_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf |
|
|
| 7. | 2005_TA_STE_06200056_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf | 1 | |
| 8. | 2005_TA_STE_06200056_Daftar-Pustaka.pdf | ||
| 9. | 2005_TA_STE_06200056_Lampiran.pdf |
|
P Proses pencatata n pemakaiaii pulsa di sentral telepon untuk percakapan l okal hanya berdasa rkan met er pulsa. clan pen giriman data percakapan dari tiap sentra l kc Pusat Pc11golaha11 l3ill i11g rnasih sccara manual. Sehingga pelanggan lelepon lida k rn crnperokh data ya ng ri n ci u ntuk tagihan percakapan lokal, karena itu keakuratan dan transparansi data diperlu kan sebagai dasar penagihan billing telepon kepada para pelanggannya.Untuk memberikan data yan g rinci dan meningkatkan kualita s kepad a para pela ngga nnya, PT. TELKOM mengganti sistem manual dengan sistem Call Data Collecti7Ht (CDC). CDC merupaka n su atu sistem untuk meningkatk an kualitas dari proses pengum pu lan data percakapan , baik dari segi kecepatan dan efisiensi proses dengan menggunakan sistern 011li11e. Dari sisi tekni s, sistem CDC memilki keunggu lan dalam hal meningkatkan kemampuan pencatata n data percakapan dari sentral yaitu pencatatan data percakapan lok al dan Sambun gan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) dalam bentuk Aut omatic Message Acco1111ti11g (AMA), sehingga pel angga n telepon memperoleh data yang rinci untuk tagihan percakapan l oka l maupun SLJJ.Dal am tugas akhir ini dilakukan analisis transfer data percakapan dari sentral-sentra lm en uj u ke Pu sat Pengola ha n Billing. Dari hasil pengamatan yang dilakukan selama I bula n dapat diketahui bahwa rata-rata kecepata n transfer CDC sebesar 62.67 Kbps clan 1e1:jacli penurun a n kecepatan tra n sfer sebesa r 2.08 % dari bit rate standar sebesar 64 Kbps. Penurunan kecepatan transfer tersebut d isebabka n oleh besamya data percakapan pada tiap-tiap sen t ral ya n g tergantung pacla ti ngkat kepada tan trafik percakapan teleponn ya dan an trian data saat melakukan tran sfer clari N ET.MANAGER menuju Pusat Pengolahan Billin g. Makin besa r clala percakapan ya n g cliki rim meminjukkan makin besar jumlah record ya ng menyehabka11 ma kin besar jurnlah produksi ca ll , sehingga mengakibatka n makin besar durasi lrnns li.:r .
R Record i n g-keepi ng process of usage of pulse in central telephone for local exchange con versation ba se on the mete r of pu lse, and delivery of data voice for each central to cen ter processing of billing stil by manua l, so customer of telephone do not get data which detail ed for the invo ice of local exchange. In consequence data accurate and transparen cy needed as base of billin g phone to a l l customer.Call data collection is an system to improve the quality of process collecting data telephone conve rsation, etheir from speed facet and efficiency process by u sing onli-n e system. Technica lly, system of CDC have excellence in improving ability of record-keeping of data of voice from central that is record-keeping of data of voice local exchan ge n nd SL.I.I in the form of n u tomatic message accouting, so the customer of telephone get data whi ch detni led for the invoice of local exchange and SLJJ.In thi s fi na l assignmen t has been analyzed the transfer of data telephone conversationfrom centrnl to center processing of billing. From result of observation for I m onth ca n be known that average speed of transfer of CDC equal to 62.67 Kbps and happened degrndnti on of speed of trnn sfer equal to 2.08 % from bit rate standard equal to 64 Kbps. Degrada t ion 01• speed for transfer, beca use of l evel of data telephone conversatio n at each centra l ba se 011 the leve l den sity of traffic con versation of telephone and m oment data queue the tran sfer from Net.Manage r to the cen ter proce ssing of billing. More and more data telephon e con versation is sent, it sh ow more amount of record, so it cau se more ca ll answer and durati on or t ran sfer.