DETAIL KOLEKSI

Analisis quality assurance layanan distance learning sibima konstruksi

5.0


Oleh : Nuryamah

Info Katalog

Subyek : Quality control - Construction

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Trihono Kadri

Kata Kunci : DL-SIBIMA construction, ISO 9001: 2015

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TS_TS_151011710011_Halaman-judul.pdf
2. 2019_TS_TS_151011710011_Bab-1.pdf
3. 2019_TS_TS_151011710011_Bab-2.pdf
4. 2019_TS_TS_151011710011_Bab-3.pdf
5. 2019_TS_TS_151011710011_Bab-4.pdf
6. 2019_TS_TS_151011710011_Bab-5.pdf
7. 2019_TS_TS_151011710011_Daftar-pustaka.pdf
8. 2019_TS_TS_151011710011_Lampiran.pdf

i iiABSTRAKIBIMA Konstruksi merupakan layanan publik knowledge dan distance learning yang berbasis SKKNI yang disediakan bagi masyarakat jasa konstruksi (kontraktor, konsultan perencana, konsultan pengawas, supplyer serta mitra kerja jasa konstruksi lainnya). Distance learning SIBIMA adalah layanan publik berupa pelatihan jarak jauh yang proses pembelajaran dengan sepenuhnya mandiri. Sebuah layanan perlu adanya penjaminan mutu atau quality assurance untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Kini mutu produk/jasa dinilai berdasarkan kepada kepuaan pelanggan yang menggunakan produk/jasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis quality assurance layanan DL-SIBIMA .Penelitian ditujukan pada pengguna layanan DL-SIBIMA Konstruksi. Metode yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan melibatkan 102 responden yang telah mengikuti pelatihan DL-SIBIMA Konstruksi. Kuesioner yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup berdasarkan ISO 9001:2015 dengan menggunakan skala likert dan data diolah dengan bantuan SPSS versi 23.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa quality assurance layanan DL-SIBIMA masih terdapat variabel yang belum memenuhi standar mutu yaitu variabel menanggapi keluhan, instruktur, desain website, pengoperasian aplikasi, kelengkapan fitur, proses registrasi, isi modul, format modul, peningkatan keilmuan dan kesesuaian materi. . Upaya peningkatan kualitas pada variabel yang memiliki nilai quality assurance yang belum dinyatakan baik, perlu dilakukan untuk tetap menjaga mutu dan kepercayaan pelanggan tanpa terlepas dari aturan dan standar mutu.

S SIBIMA Construction is a SKKNI-based public knowledge and distance learning service provided to the construction service community (contractors, consultant planners, supervisoryconsultants, supplyers and other construction service partners). SIBIMA distance learning is a public service in the form of distance training which is a fully independent learning process. A service needs quality assurance or quality assurance to maintain customer confidence. Now the quality of the product / service is assessed based on the aging of customers who use the product / service. This study aims to analyze the quality assurance of DL-SIBIMA services.The study was aimed at DL-SIBIMA Construction service users. The method used is descriptive statistical analysis involving 102 respondents who have attended the DL-SIBIMA Construction training. The questionnaire used in this study was a closed questionnaire based on ISO 9001: 2015 using a Likert scale and the data was processed with the help of SPSS version 23.0.The results showed that the DL-SIBIMA service quality assurance still contained variables that did not meet the quality standards, namely the variable responding to complaints, instructors, website design, application operations, feature completeness, registration process, module content, module format, scientific improvement and material suitability. . Efforts to improve quality on variables that have quality assurance values that have not been declared good, need to be done to maintain customer quality and trust without being apart from rules and quality standards.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?