Pemodelan pengukuran kinerja karyawan (studi kaus: PT. MNC Pictures)
P Pengukuran kinerja karyawan sangat penting karena dapat mengetahui sebarapa jauh pencapain dari suatu karyawan dalam berkerja dan penilaian yang dilakukan oleh pimpinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang pemodelan pengukuran kinerja karyawan, dengan studi kasus di PT MNC Pictures. PT.Media Nusantara Citra Pictures adalah Production House yang merupakan bagian group Media Nusantara Citra, sebuah group media terbesar di Indonesia. Dimana di dalamnya tergabung RCTI, MNCTV, GlobalTV, SINDOTV, Indovision, Okezone, Harian Seputar Indonesia, Majalah SINDO, Tabloid Genie, MNC Network, dan puluhan stasiun radio lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. MNC Pictures turut menerapkan konsep Management By Objectives (MBO) sebagai metode mengukur kinerja karyawan yang juga digunakan oleh afiliasi lain. Model pengukuran kinerja karyawan diperoleh dengan melakukan analisa sistem untuk mengetahui kelemahan sistem seat ini dan dan kebutuhan di masa yang akan datang. Selanjutnya perancangan model terdiri dari identifikasi KPI karyawan perancangan proses pengukurankinetja, dan perancangan infrastruktur pengukuran kinerja. Model pengukuran kinerja yang dihasilkan menggunakan 5 (lima) KPI karyawan - yang kemudian diberikan bobot menggunakan pendekatan AHP (analytical hierarchy process), yaitu ketepatan waktu (29%), kualitas kerja (23%), dampak hasik kerja (14%), komunikasi (16%), dan inisiatif (18%). Dengan skor maksimum 100% poin. Infrastruktur pengukuran kinerja yang digunakan adalah tabel data hasil laporan MNC Pictures. Hasil verifikasi model menunjukan bahwa logika model telah sesuai dengan tujuan pemodelan. Model dinyatakan valid oleh ahli, yaitu dapat digunakan oleh perusahaan dengan beberapa penyesuaian proses dan infrastruktur pengukuran kinerja. Kata kunci: Key Performance Indicator (KPI), model pengukuran kinerja.
M Measurement of employee performance is very important because it can determine sebarapa far achievement of an employee in the work and assessment carried out by the leadership. The purpose of this study was to design employee performance measurement modeling, with a case study at PT MNC Pictures. PT.Media Nusantara Citra Production House Pictures is a group that is part of Media Nusantara Citra, an Indonesia's largest media group. Where incorporated therein RCTI, MNCTV, GlobalTV, Sindotv, Indovision, Okezone, Daily Regarding Indonesia, SINDO Magazine, Tabloid Genie, MNC Network, and dozens of other radio stations scattered throughout Indonesia. PT MNC Pictures also apply the concept of Management by Objectives (MBO) as a method of measuring the performance of employees that is also used by other affiliates. Employee performance measurement model is obtained by analyzing a system to determine the weaknesses of the current system and demands in the future. Furthermore, the design of the model consists of KPI identification of employees, pengukurankinerja process design, and the design of performance measurement infrastructure. Performance measurement model is generated using 5 (five) KPI employee who then assigned a weighting approach AHP (Analytical Hierarchy Process), the timeliness (29%), quality of work (23%), the impact of his or labor (14%), communication ( 16%), and initiative (18%). With a maximum score of 100% points. Performance measurement infrastructure used is a data table reports the results of MNC Pictures. Results showed that the verification of the model has been in accordance with the model logic modeling purposes. Model declared invalid by the expert, which can be used by the company with some adjustments to processes and performance measurement infrastructure.