DETAIL KOLEKSI

Analisis kekuatan rangka badan kereta penumpang dengan menggunakan program ansys

3.0


Oleh : Hadi Karyono

Info Katalog

Subyek : Strength of materials;Railroad rails

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Koensabdono

Pembimbing 2 : Soeharsono

Kata Kunci : finite element method, train's passenger frame body, stress, deflection, Ansys programme

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2016_TS_MTM_161140002_Halaman-Judul.pdf 9
2. 2016_TS_MTM_161140002_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2016_TS_MTM_161140002_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2016_TS_MTM_161140002_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2016_TS_MTM_161140002_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2016_TS_MTM_161140002_Bab-4_Perhitungan-Tegangan.pdf
7. 2016_TS_MTM_161140002_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2016_TS_MTM_161140002_Daftar-Pustaka.pdf 1

K Kereta api merupakan salah satu alat transportasi massal terpenting dan utama saat ini, baik untuk barang maupun penumpang. Untuk mendukung fungsinya diperlukan suatu analisis terhadap rangka badan kereta penumpang agar dapat diketahui keamanan produk yang diijinkan dan untuk memastikan bahwa tegangan dan defleksi yang terjadi sudah sesuai dengan persyaratan yang sudah ditetapkan. Penjelasan pada PP 56/2009 terkait dengan konstruksi dan komponen uji rancang bangun, yang dimaksud dengan "badan" adalah suatu susunan konstruksi las yang terdiri dari komponen-komponen utama seperti atap, dinding samping, dinding ujung. Rangka badan yang ditarik lokomotif harus mampu menerima beban baik dari penumpang maupun dari beratnya sendiri, termasuk beban saat kereta dirangkai. Beban yang bekerja pada rangka badan, disimulasikan mendekati pembebanan yang sebenarnya. Beban yang diujikan diletakkan pada titk-titik sepanjang rangka badan kereta sampai menimbulkari tegangan dan defleksi. Pengujian kekuatan terhadap badan kereta yang di tank lokomotif dilakukan secara simulasi menggunakan bantuan program Ansys berbasis elemen hingga yang telah terbukti hasilnya dapat mendekati hash penelitian eksperimental dan digunakan untuk dapat mempercepat proses perencanaan. Hasil analisis menggunakan perangkat lunak Ansys, memastikan bahwa rangka badan kereta penumpang masih aman dan sesuai standar dalam segi tegangan maupun defleksi.

T Train is one of the most important mass transportation and major nowadays, both for goods and passengers. In order to support the function, it would require an analysis of trains's passengers frame body to ensure that stress and deflection that occurs has been complies with the requirement. Based on PP 56/2009 explanation related to construction and test component design, which referred to the "body" is an arrengement of welded construction consisting of the main components such as the roof top, side walls and end walls. Strength test of the train's passengers frame body which carried by the locomotive needed to known the safety product to be produced. The train which carried by the locomotive should be able to receive load from the passengers and its own weight, including I d carriage .when assembled. Load which act on the frame body, simulad actual loading approach. The load that transported by freight frame body is placed at point along the body will couse the stress and deflection. This thesis simulation using the finite element based on software Ansys assistance tha,has te'e1. proven the results can approach the results of experimental studies and be able to speed up the planning process. The results of the analysis body is placed using software Ansys showing that the frame body of the train's passengers is safe in terms of stress and deflection.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?