Analisa dampak nilai berbagi (shared value) atas program corporate social responsibility bidang vokasi
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak nilai berbagi (shared value) atas program corporate social responsibility (CSR) bidang vokasi yang telah menerapkan konsep creating shared value (CSV). Kemudian juga untuk menganalisis manfaat yang dirasakan oleh perusahaan dan sekolah sebagai penerima manfaat dari program ini. Metode yang digunakan mixed method dengan desain concurrent embedded¸ dimana dalam penelitian ini metode kualitatif menjadi metode primer yang digunakan, sedangkan metode kuantitatif digunakan hanya untuk mencari pendukung data. Penelitian dilakukan pada 2 perusahaan industri otomotif, yaitu perusahaan sepeda motor (PT.X) dan kendaraan penumpang roda empat (PT.Y). Peneliti melakukan wawancara mendalam untuk memperoleh data dari 9 orang narasumber yaitu 5 orang dari industri dan 4 orang dari sekolah, juga melakukan observasi dan mempelajari dokumen atau data sebagai informasi tambahan. Peneliti juga melakukan perbandingan nilai raport siswa sebelum dan sesudah mendapat pelatihanHasil penelitian menunjukkan bahwa PT. X dan PT. Y telah menerapkan CSR dengan pendekatan CSV melalui program pelatihan yang menjadi main program. Sedangkan program lain seperti donasi merupakan kegiatan CSR filantropi. Adanya uji kompetensi, magang, seminar merupakan turunan dari program pelatihan. Program ini memberikan dampak positif baik dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan, bagi sekolah, siswa, guru dan bagi perusahaan.
T This study aims to analyse the impact of shared values on corporate social responsibility (CSR) programs in the vocational field that have implemented the concept of creating shared value (CSV). Also, to analyse the benefits by companies and schools as beneficiaries of this program. The method used is a mixed method with a concurrent embedded design where in this study the qualitative method is the primary method used, while the quantitative method is used only to find supporting data. The research was conducted at 2 automotive industry companies, they are the motorcycle and passenger vehicle company. These two companies have carried out CSR programs in the education sector for more than 3 years and have coached several Vocational High Schools in Indonesia. Researchers conducted in-depth interviews to obtain data from 9 informants, consist of 5 people from industry and 4 people from schools, also made observations and studied documents or data as additional information.The results of this study indicate that PT. X and PT. Y has implemented CSR with a CSV approach through a training program which is as the main program. Meanwhile, other programs such as donations are philanthropic CSR activities. There is a competency test, apprenticeship, seminar is a derivative of the training program. This program has a positive impact both from an economic, social and environmental perspective, for schools, students, teachers and for companies.