DETAIL KOLEKSI

Usulan strategi peningkatan kinerja PT. Xyz dengan menggunakan Metode Balanced Scorecard


Oleh : Ferawati Maradiaponto

Info Katalog

Subyek : Organizational effectiveness;Personnel management;Performance standards

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2009

Pembimbing 1 : Dadan Umar Daihani

Kata Kunci : PT. Xyz, balanced scorecard method, performance improvement

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2009_TS_MTI_163051004_Halaman-Judul.pdf 12
2. 2009_TS_MTI_163051004_Lembar-Pengesahan.pdf 2
3. 2009_TS_MTI_163051004_Bab-1_Pendahuluan.pdf 7
4. 2009_TS_MTI_163051004_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2009_TS_MTI_163051004_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2009_TS_MTI_163051004_Bab-4_Pengumpulan-Data.pdf
7. 2009_TS_MTI_163051004_Bab-5_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf
8. 2009_TS_MTI_163051004_Bab-6_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
9. 2009_TS_MTI_163051004_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2009_TS_MTI_163051004_Lampiran.pdf

P PT. XYZ merupakan perusahaan engineering bergerak dalam aplikasi factory automation dan memiliki agensi merek untuk produk-produk instrumentasi elektrikal, motor, sensor dan control system. Selain sebagai distributor, PT. XYZ juga bertindak sebagai system integrator terutama dalam pengembangan sistem kendali pabrik terintegrasi seperti perancangan Andon Display, Wiring panel control, pembuatan program PLC, dsb; dan jasa perbaikan. Secara riil perusahaan ini telah mendapatkan tempat yang luas terutama industri food & beverage, automotive, cement, pulp & paper, oil & gas, dan chemical dengan daerah pemasaran mencakup pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawasi. Beberapa produk tersebut merupakan brand Jerman dan Jepang seperti IFM, Siemens, Kobold, Precision Transducer, Wonderware, Yaskawa, dan Omron.Berdasarkan pengamatan dan studi yang dilakukan pada PT. XYZ, diperoleh pertama, pola perencanaan bisnis masih dikelola berdasarkan management tradisonal yang bertumpu pada laporan-laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan sedangkan faktor-faktor non-keuangan jarang dipertimbangkan bahkan diabaikan. Padahal untuk menciptakan kekayaan tidak lagi dihasilkan dari tangible assets, namun lebih banyak dihasilkan dari intangible assets yang berasal dari non-keuangan. Kedua, beberapa strategi yang dijalankan tidak memiliki koherensi dan tidak komprehensif bahkan beberapa keputusan pun kadang bersifat insidentil. Untuk dapat memposisikan diri sebagai terdepan, perusahaan harus mampu membangun keunggulan proses yang tidak hanya berpijak pada aspek keuangan tapi juga memerlukan dukungan dari aspek non-keuangan. Untuk mengintegrasikan dan mensinkronkan kedua aspek tersebut, PT. XYZ memerlukan sistem yang mampu membangun keunggulan proses sehingga penelitian ini ditujukan untuk bagaimana cara membangun keunggulan proses dan strategi apa yang perlukan untuk mencapai keunggulan proses tersebut sehingga kinerja PT. XYZ dapat ditingkatkan”. Keunggulan proses yang diusulkan, dibangun dengan menerapkan metode Balanced Scorecard dan process cascading.Dari hasil analisa diperoleh sasaran-sasaran strategi ke empat perspektif balanced scorecard ditingkat korporat adalah Persperktif Keuangan: Mengoptimalkan ROI bagi Shareholder, Peningkatan penjualan, Manejemen cashflow yang efektif dan efisien; Perspektif pelanggan: Customer royalty, Meningkatkan kepuasan pelanggan, Memperbesar market share; Perspektif proses bisnis internal: Membangun hubungan kemitraan yang baik dengan principal, supplier local, dan forwarder, Meningkatkan kualitas produk dan jasa, Mengintensifkan aktivitas pengembangan bisnis, Meningkatkan proses pencatatan transaksi dan analisa. Hasil uji coba pengukuran menunjukkan kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif company scorecard adalah 90.48%. Dengan kontribusi terendah 68.55% berasal dari perspektif proses bisnis internal. Sedangkan untuk tingkat divisi, divisi yang memiliki kinerja terbesar adalah divisi TI sebesar 86.37% dan terkecil adalah divisi akuntansi dan keuangan sebesar 63.70%.

P PT. XYZ is an engineering company with core of busines in factory automation application and have agency brand of electrical instrumentations, sensor, motor and control system. PT. XYZ play role not only as the distributors but also as a system intergrator as well as developing plant control system integrated such as andon display design, wiring control panel, PLC program, and repair service. Today this company has a take place widely in food and beverage industry, automotive industry, cement industry, pulp and paper industry, oil and gas industry, and chemical industry with marketing areas involve in Java, Sumatera, Kalimantan and Sulawesi. Some of the products are the German and Japanese brand as well as IFM, Siemens, Kobold, Yaskawa and Omron.Based on study and trend watching conducted at PT. XYZ was obtained that first, the pattern of company bussines planning is still managed by traditional management which rely on financial reports as a basis for decions-making factors, while non-financial rarely considered even ignored. However in creating of wealth is not solely generated form tangible assets but more of the intangible assets generated from non-financial factor. Second, some strategies have not undertaken a comprehensive coherence and event some of the decisions was sometime insidential. To be able to position itself as a leader, PT. XYZ must be able to build excellence process that not only stand on the financial aspects but also requires support from non-financial aspects. To integrate and synchronize both aspects, PT. XYZ requires the systems that can develop the excellent process so that this research is aimed at “how to build the excellent process and what strategies needed to achieve that process in order the performance of PT. XYZ can be improved. The excellent proposed process constructed by applying the balanced scorecard and the cascading process method.The results of analysis obtained the strategy objectives in four perspectives of balanced scorecard at corporate level are financial perspective: optimizing ROI for the Shareholder, increase sales, effective and efficient cash flow management; customer perspective: customer royalty, improve customer satisfaction, enlarging market share; internal business process perspective: building a good partnership relationship with principals, local suppliers, and forwarders, improve the quality of products and services, intensify business development activities, improve the process of recording transactions and analysis. The test result shows the company's performance measurement based on the four company scorecard perspective is 90.48%. The lowest contribution of 68.55% came from internal business process perspective. While for the level of division, the division that has the greatest performance is IT division at 86.37% and the smallest is aaccounting and finance division at 63.70%.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?