Antecedents dan consequents dari kepuasan pengunjung Musium Nasional Jakarta
P Penelitian ini merupakan replika dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnyaoleh Rojas & Camarero (2008). Tema yang diangkat dalam penelitian ini adalahmengenai “Antecedents dan consequents dari kepuasan pengunjung MusiumNasional Jakarta†dengan tujuan utama untuk mengetahui apakah ada pengaruhantara perceived quality, pleasure, satisfaction dan intensification terhadap kepuasanpengunjung (visitors’ satisfaction) pada Musium Nasional Jakarta. Penelitian inidilakukan berdasarkan pada fungsi musium sebagai ruang publik yang tidak hanyaberfungsi sebagai sarana edukasi dan penelitian tetapi juga suatu sarana entertainment,dimana musium dirancang khusus untuk dapat memenuhi seluruh aspek yang padaintinya mengacu pada pemanfaatan lingkungan untuk meningkatkan visitors’satisfaction yang mengacu pada segi kualitas (quality) serta segi emosional(emotional), sehingga dapat menciptakan suatu ‘pengalaman total’ yang menyangkutkepuasan wisata, budaya, edukasi maupun interaksi sosial. Berdasarkan aspek-aspektersebut keberhasilan suatu musium maupun organisasi kebudayaan yang memilikiorientasi bisnis dapat diukur dari sejauh mana pengelola (managers) musiummeningkatkan kepuasan pengunjung (visitors satisfaction) melalui peningkatankualitas pelayanan yang mengacu kepada ekspektasi pengunjung (visitors’expectations). Metode analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah SEMuntuk mengukur dan menganalisa tingkat validitas dan reliabilitas data. Hasilpenelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif perceived quality, pleasure,satisfaction serta intensification terhadap tingkat kepuasan pengunjung (visitors’satisfaction) pada Musium Nasional Jakarta.
T These study refers to the previous study conduct by Rojas & Camarero (2008). Thecase study theme is “Antecedents and consequents of visitors’ satisfaction at Musium Nasional Jakarta†focused on influencing effects of various variables suchas perceived quality, pleasure, satisfaction and intensification to visitors’ satisfactionat Musium Nasional Jakarta. These study perform based upon museum functionswhich is not only for public space also as educative, research and entertainmentpurposes, in which museum is specially designed to fulfill all aspects on effectiveuses of its surrounding environment to increase significant level of visitors’ satisfactionby creating ‘total visitors’ experience’ which refers to quality and emotionalmeasurements of satisfactory level on tourism, culture, education and socialinteractions. Refers to the aspects above, success level of business oriented museumor cultural organizations can be measured by how museum managers increase levelof visitors’ satisfaction by providing excellent quality services refers to visitors’expectations. SEM analysing method is used to measure and analyse the level ofvalidity and reliability on these study. The result of these study; are there any positiveinfluences of perceived quality, pleasure, satisfaction and intensification to the level of visitors’ satisfaction at Musium Nasional Jakarta.