Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan metode pengajaran dosen terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi kasus pada Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti di Jakarta)
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kecerdasan Emosional,Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Metode Pengajaran Dosen terhadapTingkat Pemahaman Akuntansi. Data yang digunakan merupakan data primerberbentuk kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepadamahasiswa/I jurusan Akuntansi pada Universitas Trisakti dan Universitas Indonesiaangkatan 2018 dan 2019 di Jakarta. Menguji analisis yang digunakan untuk mengujihipotesis dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Penentuan sampelmenggunakan teknik purposice sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 502responden.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional secara individualberpengaruh negative terhadap tingkat pemahaman akuntansi; kecerdasan intelektualsecara individual berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi;kecerdasan spiritual secara individual berpengaruh positif terhadap tingkatpemahaman akuntansi; metode pengajaran dosen secara individual berpengaruh positifterhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sehingga dapat disimpulkan kecerdasanintelektual, kecerdasan spiritual dan metode pengajaran dosen berpengaruh positifterhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan kecerdasan emosionalberpengaruh negative terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
T The purpose of this study is to investigate the impact of Lecturer TeachingMethods on the Level of Accounting Understanding as well as the impact of EmotionalIntelligence, Intellectual Intelligence, Spiritual Intelligence, and SpiritualDevelopment. The data used are quantitative primary data that were collected throughquestionnaires given to accounting majors at Trisakti University and the University ofIndonesia batch of 2018 and 2019 in Jakarta. The multiple linear analysis employed inthis work to examine the hypothesis is used for testing. sampling method that isintended for sampling. 502 people were interviewed for the sample.The results of this study indicate that individual emotional intelligence has anegative effect on the level of accounting understanding; intellectual intelligenceindividually has a positive effect on the level of understanding of accounting;individual spiritual intelligence has a positive effect on the level of accountingunderstanding; The teaching method of individual lecturers has a positive effect on thelevel of understanding of accounting. So it can be concluded that intellectualintelligence, spiritual intelligence and teaching methods of lecturers have a positiveeffect on the level of understanding of accounting. While emotional intelligence has anegative effect on the level of understanding of accounting