DETAIL KOLEKSI

Hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional pada pelajar SMA


Oleh : M. Pratama Putra Melindani

Info Katalog

Nomor Panggil : S 2066

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Adi Hidayat

Subyek : Parenting;Emotional intelligence

Kata Kunci : high school students, parenting style, emotional intelligence

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_SKD_030001900076_Halaman-Judul.pdf 15
2. 2023_TA_SKD_030001900076_Pengasahan.pdf 1
3. 2023_TA_SKD_030001900076_BAB-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2023_TA_SKD_030001900076_BAB-2_Tinjauan-Literatur.pdf 19
5. 2023_TA_SKD_030001900076_BAB-3_Kerangka-Konsep.pdf 4
6. 2023_TA_SKD_030001900076_BAB-4_Metode-Penelitian.pdf 14
7. 2023_TA_SKD_030001900076_BAB-5_Hasil.pdf 6
8. 2023_TA_SKD_030001900076_BAB-6_Pembahasan.pdf 5
9. 2023_TA_SKD_030001900076_BAB-7_Kesimpulan.pdf 1
10. 2023_TA_SKD_030001900076_Daftar-Pustaka.pdf 4
11. 2023_TA_SKD_030001900076_Lampiran.pdf 48

K Kecerdasan emosional adalah kapabilitas untuk mengidentifikasi baik perasaannya sendiri maupun orang lain serta kemampuan untuk memanajemen emosinya sebaik mungkin. Faktor-faktor yang memengaruhinya ialah faktor internal (jasmani, psikologi, usia, tingkat pendidikan orang tua, dan jenis kelamin) dan faktor eksternal (pola asuh orang tua, jumlah saudara, serta lingkungan masyarakat/non keluarga).Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional pada pelajar SMA.METODEPenelitian ini menggunakan studi potong silang (cross-sectional) dengan total 223 responden pelajar SMAN 2 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (Parenthal authority questionnaire, Emotional intelligence, dan data sosiodemografi). Analisis dilakukan menggunakan metode chi square melalui SPSS dengan tingkat kemaknaan 0.05.HASIL PENELITIANBerdasarkan analisis data bivariat didapatkan hasil adanya hubungan antara pola asuh (p = 0,040), jenis kelamin (p = 0,000), dan tingkat pendidikan orang tua (p = 0,000) dengan kecerdasan emosional. Namun tidak terdapat hubungan antara usia (p = 0,210) dan jumlah saudara (p = 0,892) dengan kecerdasan emosional. Analisis univariat didominasi oleh data usia responden 15-16 tahun berjenis kelamin perempuan dengan tingkat pendidikan orang tua tinggi dan kecerdasan emosional tinggi.KESIMPULANTerdapat hubungan antara variabel pola asuh orang tua, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan orang tua dengan kecerdasan emosional. Lalu tidak terdapat hubungan antara variabel usia dan jumlah saudara dengan kecerdasan emosional.

E Emotional intelligence is the capability to identify both one’s feelings, others, and the ability to manages their emotions. Factors that influence emotional intelligence are internal factors (physical, psychological, age, parental education level, and gender) and external factors (parenting style, number of siblings,and social community).Therefore, this study aims to determine the relationship between parenting styles and emotional intelligence in high school students.METHODThis research used an analytical observational method (cross-sectional) with a total of 223 student respondents at SMAN 2 Bandar Lampung. Collecting data using some questionnaires (Parenthal authority questionnaire, Emotional intelligence, and sociodemographic data). The analysis was carried out using the chi square method through SPSS with a significance level of 0,05.RESULTBased on bivariate data analysis, the result showed there is a relationship between parenting style (p = 0,040), gender (p = 0,000), and parent’s educational level (p = 0,000) with emotional intelligence. But there is no relationship between age (p = 0,210) and number of siblings (p = 0,892) with emotional intelligence. Univariate analysis is dominated by female respondents aged 15-16 years old with high parents’ educational level and high emotional intelligenceCONCLUSIONThere is a relationship between parenting style, gender, and parents’ educational level with emotional intelligence. Then, there is no relationship between age and number of siblings with emotional intelligence.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?