Pengembangan aplikasi restoran untuk meningkatkan kinerja jasa: Studi kasus Restoran Bambu Oju
P Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akhir-akhir ini sangatlah pesat. Peranan informasi saat ini dirasakan menjadi sangat penting, sehingga siapa yang bisa menguasai informasi dan komunikasi akan bisa juga untuk menguasai persaingan bisnis. Bagi suatu pengusaha restoran diperlukan suatu sistem yang dapat memecahkan masalah yang telah dihadapi. Dalam permasalahan sering terjadi pada restoran pelanggan menunggu lama pesanan yang dipesan dan terkadang antara pesanan menu yang disajikan dengan menu yang diantar berbeda. Didalam restoran ini memiliki tingkat kepentingan dan kinerja jasa yang dapat dilihat dari lima dimensi, di mana dapat memilih kombinasi dari kelimanya. Dimensi — dimensi yang dimaksud adalah reliability (keterandalan), responsiveness (kesigapan), assurance (jaminan), empathy (empati) dan tangible (nyata). Dar i kelimr dimensi diatas akan dibahas 2 (dua) dimensi selanjutnya dibuat mot aplikasi. Dimensilvang tidak dibahas adalah assurance, empathy dan tangibles dikarenakan assurance dan tangibles tidak termasuk dalam ruang lingkup sedangkan empathy tidak divaur dalam tugas akhir karena aplikasi yang dikembangkan bersifat intranet sehingga aspek empathy dituangkan dalam sebuah board. Dalam proses aplikasi restoran ini memerlukan 4 aktor yang terkait (kasir, gudang, manager, dan super admin). Untuk dapat mengetahui proses itu terjadi dari awal proses yang diinput sampai pada akhir proses, aplikasi sistem ini berintegrasi terhadap masing-masing user yang bersangkutan agar dapat diketahui proses yang berlangsung. Rencana proses restoran diatur sesuia dengan kebutuhan user yaitu kebutuhan functional dan kebutuhan non functional dari user. Pada aplikasi restoran ini menggunakan metodologi waterfall yaitu terdiri dari software concept, requirement, analysis, design, coding and debbuging, system testing dan maintenance.
D Development of information and communication technologies in recent years is very rapid. The role of information is currently perceived to be very important, so anyone who can master the information and communication will be as well to master the business competition. For a restaurant entrepreneur needed a system that can solve problems that have been encountered. The problem often occurs in the restaurant waiting for a long time customer who orders booked and sometimes the order presented menu with different menu delivered. Inside the restaurant has a level of importance and performance of services which can be seen from the five dimensions, which can select a combination of the fifth. Dimension - the dimension in question is the reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), assurance (assurance), empathy (empathy) and tangible (tangible). Of the five dimensions discussed above will be 2 (two) dimensional modules made subilicquent application. Dimensions are not addressed is assurance, empathy ar 1 tangibles becyausein of assurance Ind tangibles are not included in the scope, while empathy is not measured in the final because intranet applications developed so that aspect of empathy is outlined in a board. In this restaurant application process requires four actors concerned (cashier, warehouse, manager, and super admin). To be able to know the process that occurs from the beginning of a process which is inputted to the end of the process, the application of this integrated system for each user in question in order to know the process. Plan the restaurant is set in conformity with the needs of the user functional requirements and non functional requirements of the user. In the application of this restaurant is using a waterfall that is comprised of software concept, requirements, analysis, design, coding and debbuging, system testing and maintenance.