Hubungan stres dengan atensi pada siswa SMA
L Latar belakang : Atensi dapat digambarkan sebagai proses berkonsentrasi secaraselektif pada satu aspek lingkungan sementara mengabaikan hal-hal lain yangmenunjukkan bahwa kontrol atensi merupakan komponen penting dari memorikerja dan intelegensi umum. Proses atensi merupakan salah satu bagian ataukomponen kecil dalam tahapan memori disaat melakukan proses berpikir. Dimanakonsentrasi yang rendah dapat disebabkan oleh adanya stres pada siapapun.Adanya akibat dari stres dan pentingnya atensi pada siswa di bidang pendidikandan hasil penelitian yang masih pro dan kontra terhadap stres dengan atensi, makapenulis tertarik untuk mengetahui apakah terdapat hubungan stres dengan atensipada siswa sekolah menengah atas.Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian menggunakan observasionaldengan desain cross sectional. Responden didapat dengan teknik clustersampling. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner.Stres diukur dengan menggunakan perceive stress scale dan atensi diukur denganmenggunakan Digit spant test. Analisis data dengan menggunakan SPSS versi25.0 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,005.Hasil : Didapatkan jumlah responden sebanyak 173 orang dengan 26% siswadengan tingkat atensi yang buruk dan 28,3% yang mengalami stres. Dari hasilanalisis bivariat didapatkan hubungan yang signifikan antara stres dengan atensipada siswa Sekolah Menengah Atas (p=0,000)Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara stress dengan atensi padasiswa Sekolah Menengah Atas
B Background : Attention can be described as a process of selectivelyconcentrating on one aspect of the environment while ignoring other things thatshow that attention contol is an important componen of working memory andgeneral intelligence. Attention process are one of the top small compenents in thememory stage when doing thought procesess. Where low concentration can becaused by stress on anyone. The due to stress and the imprortance of attention tostudents in the field of education and the results of research that are still pro andcontra to stress with attention. Then, the authords are interested in knowing therelationship of stress with attention to senior high school studentsMetode : The experiment is an observational research with cross sectionalapproach. The respondents are selected by cluster sampling methods. Datacollection was by questionnaire-based interviews. Stress was measured usingperceive stress Scale and attention was measured using digit spant test. Dataanalysis was performed using SPSS version 25.0 and the level of significance wasset at 0.005Result : The total of the respondents og 173 people with 26% of it has poorattention and 74% of it has stres. There is signigicance relationship between stressand attention in senior high scholl students from bivariat analysis (0,000)Conclusion : There is signigicance relationship between stress and attention insenior high school students