Peranan desain komunuikasi visual dalam perancangan buku Parenting Generasi Digital dalam bentuk infografik
P Penulisan ini dilatarbelakangi oleh kepentingan pembelajaran desainkhususnya perancangan buku dalam bentuk infografik mengenai parentinggenerasi digital. Dan melihat pada era digital ini banyak anak yang terjerat kasuskejahatan akibat penyalahgunaan, dampak negatif dan kurangnya pengawasandan bimbingan dari orang tua kepada anaknya dalam penggunaan perangkatdigital dan berselancar di dunia maya. Maka dari itu, buku infografik parentinggenerasi digital ini dirancang semenarik mungkin agar orang tua dan anak bisamembaca dan berdiskusi bersama untuk memahaminya.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data tentang parentinganak di era digital dan untuk mengetahui bagaimana proses perancanganinfografik untuk buku ini agar dapat sesuai dengan sasaran target pasar.Masalah umum dalam perancangan buku infografik parenting generasidigital ini adalah bagaimana merancang buku dalam bentuk infografik yangmenarik, menyenangkan dan dapat memberikan kemudahan dalam memahami isibuku sehingga selain buku ini dibaca oleh orang tua atau orang dewasa buku inijuga dapat dibaca bersama dengan anak.Penulisan ini dilakukan dengan metode analisis 5W+1H serta denganmenggunakan teori-teori pendekatan desain komunikasi visual. Strategi untukmenyelesaikan masalah yang ada yaitu dengan merancang buku parentinggenerasi digital dalam bentuk infografik dengan ilustrasi yang menyenangkan.Karena dengan infografik yang dikemas dengan ilustrasi yang menyenangkanbuku akan menarik dan tidak membosankan untuk di baca dan informasi yangdisajikan dalam buku akan cepat dan mudah untuk dipahami oleh orang tua dananak.viTujuan dari perancangan buku infografik parenting generasi digital iniadalah untuk memberikan informasi tentang generasi digital dan bagaimanamengawasi dan mengasuh generasi digital dalam penggunaan perangkat digitaldan media sosial dengan tepat dan menarik. Sehingga anak dapat terhindar daridampak negatif dalam penggunaannya.