Peranan desain komunikasi visual dalam perancangan buku cerita interaktif
P Penulisan ini dilatar belakangi oleh kepentingan pembelajaran desainkhususnya perancangan visual buku cerita interaktif anak dan media promosinya.Melalui penulisan karya ilmiah pengantar tugas akhir ini, peneliti diharapkandapat merancang visual buku cerita interaktif yang tepat sesuai dengan targetsasaran. Masalah umum pembuatan penulisan ini mengenai bagaimanaperancangan visual interaktif dan media promosi yang menarik dan bersifatpositif, sesuai dengan norma yang berlaku dan sesuai dengan target sasaran.Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan melaluipenelitian kualitatif, serta menggunakan pendekatan desain komunikasi visual.Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikan masalahyang ada, dengan membuat desain visual sesuai dengan target sasaran saat ini,khususnya anak-anak usia 3 – 6 tahun. Seiring dengan kemajuan zaman yangdiiringi dengan kemajuan teknologi, kini anak usia 3 – 6 tahun pada umumnyasangat menguasai gadget. Hal tersebut menjadi salah satu landasan mengapa bukucerita interaktif ini perlu disajikan untuk anak-anak bangsa Republik Indonesia.Perancangan yang dilakukan berwujud buku berisi permainan interaktif yangdapat menjauhkan anak dari sisi negatif gadget. Permainan interaktif yangdisajikan berupa pengetahuan dasar dan hal-hal yang sering dijumapi dikehidupan sehari-hari anak berikut dengan media promosi yang menunjang.