Perbedaan tingkat kepuasan pasien dewasa muda terhadap pelayanan kesehatan gigi ditinjau dari jenis kelamin : di Rumah Sakit Daan Mogot Kesdam Jaya Tangerang
D Dalam pelayanan kesehatan gigi, kepuasan pasien merupakan suatu yang penting dan utama, karena apabila pasien merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan akan membuat pasien merasa malas untuk memeriksakan kesehatan giginya. Oleh sebab itu pada kesempatan ini, kami mengadakan penelitian guna mengetahui apakah ada perbedaan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien yang didasarkan oleh jenis kelamin, pada dewasa muda. Penelitian ini mengungkapkan adanya perbedaan tingkat kepuasan pasien gigi di Rumah Sakit Daan Mogot Kesdam Jaya Tangerang ditinjau dari jenis kelamin dan tingkatan umur dewasa muda. Hasil analisa dengan uji T-test didapatkan hasil yang bermakna P value = 0,000 < 0,05.. Setelah dilihat rata-rata (mean) terlihat pada responden pria (103,4848) lebih tinggi daripada responden wanita (81,4118), sehingga pasien dewasa muda pria lebih merasa puas daripada pasien dewasa muda wanita dalam pelayanan kesehatan gigi.
I In dental health of teeth care, Patient satisfaction is the most important, because of that if patient feel unsatisfied with nursing, which is given to them, it will cause a patient to feel lazy and might be scare to go to the clinic for checking his/her teeth. In this occasion, we do some research for getting information about is there a difference level of patient satisfaction from servicing dental health consideration of gender at middle adulthood. From this research, I can take the conclusion that there is the difference level of the patient satisfaction according to gender and the middle adulthood aging level. The result T-test data analysis shows P value = 0,000 less than 0,05 so the significant difference are found. Mean in male respondents (103,4848) is higher than female respondents (81,4118), so male is more feel satisfied than female at dental care services.