Hubungan penggunaan media elektronik dengan nilai ulangan harian pada siswa SMA
L LATAR BELAKANG Selama beberapa tahun terakhir, banyaknya penelitian yang dilakukan melaporkanbahwa penggunaan media elektronik pada generasi muda terutama kalanganremaja terhadap kesehatan maupun akademik memberikan dampak negatif.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubunganpenggunaan media elektronik dengan umur, jenis kelamin, dan durasipenggunaan.METODE Penelitian menggunakan studi observasional dengan desain potong lintang ataucross sectional yang mengikutsertakan 141 siswa dengan jumlah sampel yangdibutuhkan sebesar 118 siswa di sekolah SMA Global Islamic School, Condet,Jakarta Timur. Data dikumpulkan dengan cara observasi yaitu kuesioner yangmeliputi umur, jenis kelamin, dan durasi penggunaan dalam menggunakan mediaelektronik, membaca, dan aktivitas lainnya dan rapot hasil nilai ulangan harian.Analisis yang digunakan adalah uji chi-square dan fisher dan dihitungmenggunakan komputerisasi SPSS for windows versi 21.0 dengan tingkatkemaknaan kurang dari 0,05. HASIL Berdasarkan hasil penelitian bahwa durasi terbanyak penggunaan mediaelektronik yaitu lebih dari 7 jam sebanyak 46 responden (50,5%) tidak lulus padaulangan harian kimia, 86 responden (94,5%) lulus pada ulangan harian fisika, dan86 responden (94,5%) lulus pada ulangan harian biologi. Usia kurang dari samadengan 16 tahun sebanyak 41 responden (51,6%) lulus pada ulangan harian kimia,76 responden (93,8%) lulus pada ulangan harian fisika, dan 77 responden (95,1%)lulus pada ulangan harian biologi. Jenis kelamin perempuan lulus pada ulanganharian kimia sebanyak 38 responden (62,3%), 57 responden (93,4%) pada ulanganharian fisika, dan 60 responden (98,4%) pada ulangan harian biologi. Diperolehdari masing-masing hubungan nilai p > 0,05. KESIMPULAN Tidak terdapat hubungan antara durasi penggunaan, usia, dan jenis kelamin padapenggunaan media elektronik dengan nilai ulangan harian.
B BACKGROUND Over the past few years, many studies have reported that the use of electronicmedia on young people, especially among teenagers on the health and academichas negative impact. The purpose of this study was to determine whether or notthe use of electronic media relationship with age, sex, and duration of use. METHOD The method that use in this research is a cross sectional study with populations inthis study are 141 students with sample of 118 students at Global Islamic School Senior High, Condet, East Jakarta. Data collected by observation using primarydata in the form of questionnaire that include age, sex, duration of electronicmedia usage, reading, and other activities and secondary data which contains ofdaily test score. Analysis that used in this study is chi-square and fisher test andcalculated with SPSS for windows version 21.0 with a significance level less than0,05. RESULTS Based on the findings that the duration of most use of electronic media that ismore than 7 hours by 46 respondents (50.5%) did not pass the daily tests ofchemical, 86 respondents (94.5%) passed in physics daily tests, and 86respondents (94, 5%) passed in biology daily tests. Age less than or equal to 16years were 41 respondents (51.6%) passed the daily test chemical, 76 respondents(93.8%) passed in physics daily tests, and 77 respondents (95.1%) passed inbiology daily tests. Female gender has passed in chemistry daily tests were 38respondents (62.3%), 57 respondents (93.4%) in the daily tests of physics, and 60respondents (98.4%) in the daily tests of biology retrieved from each relationshipp-value> 0.05. CONCLUSION There is no relationship between duration of use, age as well as gender in theutilization of electronic media and daily test score