Perbedaan tingkat pengetahuan antara penyuluhan kesehatan gigi dan mulut menggunakan poster dengan tidak menggunakan poster: Kajian pada siswa - siswi SMP YPK di Bontang, Kalimantan Timur
P Penyuluhan pada hakekatnya merupakan suatu kegiatan pendidikan non - formaldalam rangka mengubah masyarakat menuju keadaan yang lebih baik seperti yangdiharapkan. Keefektifan penyuluhan sangat tergantung dari alat bantu (peraga). Alatperaga ini disusun berdasarkan prinsip bahwa pengetahuan yang diterima atauditangkap melalui panca indera. Poster adalah salah satu media yang cocokdigunakan dalam proses pembelajaran. Pengetahuan merupakan hasil dari “tahu†danterjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengetahuan siswa- siswi SMP YPK Bontang antara penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yangmenggunakan poster dengan yang tidak menggunakan poster. Jenis penelitian yangdigunakan adalah ekperimental pada siswa - siswi SMP YPK Bontang. Datakuesioner diolah dengan program komputer SPSS 12.0. Dari 123 respondendilakukan uji beda dengan hasil perolehan nilai rata - rata yang menggunakan poster7,2581 dan yang tidak menggunakan poster 4,8361 dengan nilai sig 2 (tailed) 0,022, p< 0,05 hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antarapenyuluhan menggunakan poster dengan tidak menggunakan poster terhadappengetahuan siswa - siswi SMP YPK Bontang. Namun seminggu kemudian tidakterdapat perbedaan yang signifikan dilihat dari rata - rata yang menggunakan poster5,5806 dan tidak menggunakan poster 5,4918 dan nilai Sig 2 (tailed) 0,908, p > 0,05.
E Elucidation is a non-formal educational activity that is performed to change thepresent community into a better one. The effectiveness of elucidation depends uponvisual aids. The visual aids are arranged based on the knowledge that is receivedthrough the senses. A poster is a visual media that is suited use in this learningprocess. Knowledge is the end result of “knowingâ€, which occurs after a person isexposed to a certain object. The purpose of this research is to find any significantdifference on the knowledge og YPN Bontang Junior High School students when theinformation was given to them by using a poster and without a poster. The type ofresearch is expreimental, taken on students of YPK Bontang Junior High School.Data from questionnaires were analized using the SPSS 12.0 computer program.From the differentiation test that was taken from the 123 respondents, the resultsshowed a value of 7.2581 when a poster was used, and a value of 4.8361 when aposter was not used, with sig 2 (tailed) 0.022, p < 0,05. This means that there was asignificant difference on the knowledge level of the students when the elucidationused a poster and without a poster. One week later, there was no significantdifference on the knowledge of students when elucidation was given with a poter(5.5806) and without a poster (5.4918) with sig 2 (tailed) 0.908, p < 0,05.