Pengaruh pengetahuan investasi, persepsi risiko investasi, dan return investasi terhadap minat investasi generasi milenial dengan dimoderasi teknologi media sosial
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan bukti empiris mengenai pengetahuan investasi, persepsi risiko investasi, return investasi, terhadap minat investasi generasi milenial dengan dimoderasi teknologi media sosial. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui G-Form. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wirausahawan DKI Jakarta usia Produktif, yaitu 15-45 tahun, penduduk Jakarta yang pernah melakukan investasi dan penduduk Jakarta yang berminat untuk melakukan investasi. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan 204 responden yang menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan model Regresi Linear Berganda. Alat analisis yang digunakan adalah IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Investasi berpengaruh positif terhadap Minat Investasi, Persepsi Risiko Investasi berpengaruh positif terhadap Minat Investasi, Return Investasi berpengaruh positif terhadap Minat Investasi, Teknologi media sosial dapat memperkuat pengaruh variabel pengetahuan investasi terhadap minat investasi generasi milenial, Teknologi media sosial dapat memperkuat pengaruh variabel persepsi risiko investasi terhadap minat investasi generasi milenial, dan Teknologi media sosial dapat memperkuat pengaruh variabel return investasi terhadap minat investasi generasi milenial.
T This research aims to discover and obtain empirical evidence regarding investment knowledge, investment risk perception, investment returns, and the investment interest of the millennial generation, moderated by social media technology. This study uses primary data obtained through questionnaires distributed via Google Forms. The population targeted in this research consists of productive-age entrepreneurs in DKI Jakarta, aged 15-45 years, including Jakarta residents who have made investments and those interested in investing. This research employs a purposive sampling method with a sample size of 204 respondents. A Multiple Linear Regression model is utilized in this study, with IBM SPSS as the analysis tool. The results show that investment knowledge has a positive effect on investment interest, investment risk perception has a positive effect on investment interest, and investment return also has a positive effect on investment interest. Additionally, social media technology can strengthen the influence of investment knowledge, investment risk perception, and investment return on the investment interest of the millennial generation.