DETAIL KOLEKSI

Analisis sedimentasi dalam menentukan layout dermaga pada Terminal Umum Cigading Provinsi Banten

5.0


Oleh : Virda Deanty Nadhifa

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Suwandi Saputro

Subyek : Sedimentation analysis

Kata Kunci : port, sedimentation, waves, pier

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_STS_051001600081_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_TA_STS_051001600081_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2023_TA_STS_051001600081_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2023_TA_STS_051001600081_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2023_TA_STS_051001600081_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2023_TA_STS_051001600081_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2023_TA_STS_051001600081_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2023_TA_STS_051001600081_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2023_TA_STS_051001600081_Lampiran.pdf
10. 2023_TA_STS_051001600081_PPT-TA.pdf

P Pelabuhan merupakan tempat yang dapat mendukung kegiatan perdagangan dantransportasi antarpulau di Indonesia menggunakan transportasi laut. Proses bongkar muat dapat dilalukan tanpa terganggu gelombang dengan menyediakan kolam pelabuhan yang berfungsi untuk menampung kapal yang sedang sandar. Akibat pergerakan dan transportasi sedimen kedalaman kolam atau alur pelayaran harus dijaga dengan memelihara kolam pelabuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengendalikan sedimen serta untuk menganalisis besarnya laju sedimentasi dan mengetahui potensi terjadinya sedimentasi pada Dermaga 7 Pelabuhan Cigading I. Berdasarkan hasil pemodelan tinggi dan periode gelombang didapatkan tinggi gelombang bervariasi dari 1 meter hingga 3 meter.Sedangkan berdasarkan pemodelan arus baik saat pasang tertinggi maupun terendah yaitu relatif rendah berkisar 0,01 m/s – 0,2 m/s. Pada perubahan kedalaman (sedimentation rate) pada area alur dan kolam pelabuhan di muka Dermaga 7 berkisar sekitar 7 cm pertahun atau sekitar 35 cm per lima tahun, hasil tersebut menunjukkan hasil yang relatif kecil sehingga tidak berpengaruh terhadap keamanan manuever Kapal Panamax di Dermaga 7, maka dari itu tidak perlu dilakukan pengerukan.

P Ports are places that can support inter-island trade and transportation activities inIndonesia using sea transportation. The loading and unloading process can be carried out without being disturbed by waves by providing a harbor pool that functions to accommodate ships that are docked. As a result of the movement and transportation of sediment, the depth of the pond or shipping channel must be maintained by maintaining the harbor pond. The purpose of this study was to find out the right way to control sediment and analyze the magnitude of the sedimentation rate and determine the potential for sedimentation to occur at Pier 7 of Cigading I Port. Based on the modeling results of wave height and period, wave height varied from 1 meter to 3 meters. Meanwhile, based on current modeling, both at the highest and lowest tides, which are relatively low, ranging from 0.01 m/s – 0.2 m/s. The change in depth (sedimentation rate) in the area of the harbor channel and pool in front of Pier 7 is around 7 cm per year or about 35 cm per five years, these results show relatively small results so that theydo not affect the safety of the Panamax Ship maneuvers at Pier 7, so from that there is no need to do dredging.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?