Rancang bangun sistem pengisian baterai secara otomatis menggunakan Metode CC/CV berbasis module XL4015
P Pengisian baterai pada dasarnya adalah dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke baterai secara terus menerus sampai penuh. Pada sistem pengsian baterai pengisian akan berhenti ketika tegangan baterai telah mencapai tegangan maksimumnya. Apabila dalam pengisian baterai sudah mencapai tegangan maksimum tetapi pengisian tetap berlanjut maka akan menimbulkan kerugian yaitu pemborosan energi dan akan merusak baterai tersebut. Untuk menghindari kerugian tersebut, maka akan lebih baik jika sistem charging dapat bekerja secara otomatis pada saat baterai itu kosong muatannya dan akan berhenti secara otomatis apabila muatan baterai sudah penuh. Dalam sistem pengisian baterai ini memperhatikan besar nilai arus dan tegangan yang masuk ke baterai dapat ditentukan sesuai kebutuhan baterai, maka sistem pengisian baterai ini menerapkan metode Constant Current dan Constant Voltage (CC/CV). Dengan demikian tegangan dan arus yang tidak stabil akibat beban bisa dihindari karena tegangan output dikontrol. Sistem pengendali di sini menggunakan sistem kontrolnya berupa module XL4015.
C Charging the batteries is basically done by flowing electrical current into battery continuously until its full capacity. In the battery charging system, the charging will stop when the battery voltage has reached its maximum value. If in charging the battery has reached the maximum but charging still continues, it will waste of the energy and damage the battery. To avoid these losses, it would be better if the charging can work automatically when the battery is empty and will stop automatically when the battery is fully charged. In this battery charging system, paying attention to the amount of current and voltage that enters the battery can be determined according to the needs of the battery, so this battery charging system applies the Constant Current and Constant Voltage (CC/CV) method. Therefore the unstable voltage and current due to the load can be avoided because the output voltage is controlled. The control system in here uses a control system in the form of an XL4015 module.