Gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap lesi-lesi varian normal rongga mulut : Kajian pada mahasiswa angkatan 2013 dan mahasiswa angkatan 2014 FKG USAKTI
T Tujuan: untuk mengetahui tingkat pengetahuan terhadap lesi-lesi varian normal di rongga mulut pada mahasiswa angkatan 2013-2014 di FKG USAKTI. Alat dan metode: Penelitian potong silang dengan metode konsekutif sampling dilakukan pada 348 mahasiswa FKG USAKTI angkatan 2013-2014 yang sudah mengikuti modul 313. Mahasiswa diberikan kuesioner secara online menggunakan Google Forms. Pertanyaan-pertanyaan di dalam kuesioner meliputi penilaian mengenai pengetahuan umum megenai varian normal, kemampuan mendiagnosa varian normal, serta penatalaksanaan varian normal. Data diproses menggunakan SPSS menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Kuesioner online menggunakan Google Forms diisi oleh 153 mahasiswa angkatan 2013 dan 195 mahasiswa angkatan 2014. Secara keseluruhan, sebagian besar mahasiswa dari angkatan 2013 dan angkatan 2014 memiliki pengetahuan yang baik (97,7%) dan juga terdapat hubungan signifikan antara tingkat angkatan dengan tingkat pengetahuan (p=0,000). Seluruh mahasiswa angkatan 2013 sebanyak 153 mahasiswa (100%) memiliki pengetahuan yang baik, sedangkan pada angkatan 2014 sebanyak 187 mahasiswa (95,9%) memiliki pengetahuan yang baik dan sebanyak 8 mahasiswa (4,1%) memiliki pengetahun kurang. Kesimpulan: Tingkat pengetahuan tentang lesi varian normal rongga mulut pada mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 tergolong baik.
O Objective: to evaluate the level of understanding of grade 2013-2014 Trisakti University students of the dentistiy faculty about normal variations of the oral anatomy. Materials and Methods: A cross sectional study using consecutive sampling method was done on a total of 348 students from the dentistry faculty of Trisakti University grade 2013 and 2014 who has taken the 313 module. Students were given online questionnaires via Google Forms to fill in. Parameters that are evaluated are general knowledge on the normal variants, ability to diagnose normal variants, and management of the normal variants. Data was processed using SPSS and tested using Chi-Square. Results: 153 grade 2013 students and 195 grade 2014 students filled in the Google Form questionnaire on the subject of normal variations of the oral anatomy. Overall, students from all grades shows a good understanding (97,7%) of normal variations of the oral anatomy. In particular, all students from grade 2013 (100%) shows a good understanding on the subject. Meanwhile there were only 187 students (95,9%) that has shown a good understanding and the remaining 8 students (4,1%) showed less understanding on the subject. According to the Chi- Square test, there is a significant correlation between the level of understanding of grade 2013 and 2014 students (p=0,000) about the subject. Conclusion: Grade 2013 and 2014 dentistry faculty students of Trisakti University has shown good level of understanding of normal variations of the oral cavity.