Perbandingan pengelasan spot welding dan metal inert gas welding pada perbaikan panel bodi mobil
M Mobil yang beredar saat ini umumnya diproduksi dengan konstruksi body full pressed dimana lekukan body dibuat dengan cara dipress oleh alat yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga diperoleh hasil yang diinginkan ( jig ). Bentuk body yang bermacam-macam baik itu yang menyudut maupun yang melengkung bisa langsung jadi dalam sekali cetakkan. Dan juga pada proses perakitan rangka mobil di pabrik umumnya digunakan proses spot welding dalam pembentukan panelnya. Namun ketika mobil sudah digunakan oleh customer, dan mengalami kerusakan yang cukup parah di jalan, proses perbaikan akan berbeda. Plat body mobil yang lama akan dipotong dan disambung dengan plat panel yang baru menggunakan proses pengelasan. Setelah dilakukan pengelasan panel body yang baru akan dilakukan proses pengecatan sehingga perbaikan bisa terlihat seperti semula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil pengelasan pada proses penggantian panel terhadap kekuatan tarik pada pelat baja dengan cara pengujian tarik dan mengetahui perbedaan kekuatan pengelasan Metal Inert Gas di bengkel dengan proses spot welding pada baja SPC380.
C Cars currently in circulation are generally manufactured with full pressed body construction where the body curves are made by pressing by a tool that has been formed in such a way as to obtain the desired results (jigs). A variety of body shapes both angular and curved can be directly printed once. And also in the process of assembling car frames in factories generally used the spot welding process in the formation of the panel. However, when the car has been used by a customer, and has experienced quite severe damage on the road, the repair process will be different. The old car body plate will be cut and connected to the new panel plate using the welding process. After welding the new body panel will be done the process of painting so that repairs can look like before. The purpose of this study was to determine the effect of welding results on the panel replacement process on the tensile strength of the steel plate by means of tensile testing and to know the difference in welding strength of Metal Inert Gas in the workshop with the spot welding process on SPC380 steel.