Identifikasi tingkat kepuasan pengguna jalan tol atas pemeliharaan fasilitas rest area
K Keselamatan pengguna jalan merupakan faktor yang paling penting dalam berlalu lintas. Undang –1Undang Nomorx14xtahun.1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengatur bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan. selama142jamxharus2istirahat sekurang-kurangnya setengah jam untuk tidur sejenak, melepas lelah, untuk makan ataupun ke toilet. Sehingga berbagai faktor harus diperhatikan dalam perancangan jalan bebas hambatan (jalan tol) antar kota, termasuk ketersediaan rest area. Rest area merupakan tempat beristirahat sejenak, diperuntukkan bagi pengguna jalan tol yang merasa lelah di tengah perjalanan setelah mengemudikan kendaraannya. Pemeliharaan rest area harus dilakukan dengan tepat sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal bagi penggunanya. Kurang terpeliharanya rest area menyebabkan ketidak nyamanan pengguna terhadap fasilitas yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi tingkat kepuasan pengguna jalan tol atas pemeliharaan fasilitas rest area, mengetahui kualitas kondisi pemeliharaan fasilitas rest area, serta upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan fasilitas rest area. Penelitian ini dilakukan di rest area yang terdapat di jalan tol Jakarta – Cikampek - Purbaleunyi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuesioner yang terdiri dari 21 soal pilihan ganda dan 2 soal isian. Kuesioner yang digunakan melihat 5 faktor yaitu faktor ketersediaan rest area, faktor pemeliharaan, faktor keamanan, faktor pengelolaan, dan faktor fasilitas. Peneliti mendapatkan 100 pengguna rest area yang menjadi responden dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden sudah cukup puas atas fasilitas yang tersedia, hanya ada satu fasilitas yang menurut responden belum memuaskan yaitu keberadaan cctv.
R Road user’s safety is the most important factor in traveling. Constitution 14 year 1992 regarding Traffic and Road Transport manage that each person who drive a vehicle for 4 hours must rest for at least half hour to nap, release weary, to eat or go to the toilet. So that various factor must be considered in designing inter-city toll road, including the availability of rest area. Rest area is place to rest for a while, intended for toll road users who feel tired in the middle of the trip after driving their vehicle. Rest area maintenance must be done properly so it could provide optimal service for its users. Poorly maintained rest area causes user’s inconvenience with the provided facility. The purpose of this study is to identify toll road users’ level of satisfaction for the rest area’s facilities maintenance, find out the quality of the rest area’s facilities maintenance condition, and the efforts that can be made to improve the rest area’s facilities. This research was conducted at rest areas located on Jakarta-Cikampek-Purbaleunyi toll road. The instrument used in this study is a questionnaire consisting of 21 multiple choice questions and 2 written questions. The questionnaire observe 5 factors that is the availability of the rest area, maintenance, safety, management, and facilitation. Researcher obtain 100 rest area users who become respondents of this study. The results shown that respondents were quite satisfied with availability of the facilities, only one facility that according to respondents was not satisfactory which is the presence of security camera (CCTV).