Desain slab track pada konstruksi jalan kereta layang (elevated track)
K Kereta adalah sarana transportasi darat yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dan memiliki waktu tempuh yang cepat. Untuk mengoptimalkan fungsi sarana transportasi, maka dibutuhkan prasarana yang menunjang. Jalur kereta merupakan bagian terpenting dari prasarana transportasi yang dibutuhkan. Tipe jalur transportasi untuk kereta modern adalah ballastless track atau slab track. Slab track adalah konstruksi jalur kereta modern yang menggunakan lempengan plat beton sebagai media yang mendistribusikan beban gandar kereta ke tanah dasar. Kelebihan slab track adalah sebagian besar dari jalur ini bebas perawatan. Pekerjaan perawatan seperti pemadatan, pembersihan balas, dan jalur lintasan tidak diperlukan. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan kapasitas lentur dan kapasitas geser yang terjadi akibat beban gandar, dan batas fatigue slab track yang mengacu kepada peraturan JSCE Tahun 2010. Tipe slab track yang digunakan adalah discrete rail support dengan bantalan. Besarnya beban gandar yang bekerja pada struktur mempengaruhi besarnya momen lentur dan gaya geser yang terjadi pada struktur. Besarnya tegangan yang terjadi akibat beban gandar harus kurang dari atau sama dengan batas fatigue material. Oleh karena itu, mutu material yang digunakan pada struktur mempengaruhi kekuatan struktur tersebut.
T Train is a transportation that can carry passengers in large quantities and spend faster time. In order to optimize the function of transportation facilities, supporting infrastructures is needed. The railway track is the most important part of the infrastructure that is needed. Type of modern railway track is ballastless track or we know it as slab track. Slab track is a modern railway construction that used concrete plate as a medium that distributes the axle load of the train to the subgrade. The advantage of the slab track is to large extent maintenance free. Maintenance work like tamping, ballast cleaning, and track lining is unnecessary. In this research, the flexural capacity and shear capacity calculated due to axle load were calculated, and the limit of the fatigue slab track refers to JSCE regulations in 2010. The type of slab track used is discrete rail support with sleepers. The size of the axle load acting on the structure affects the magnitude of the bending moment and the shear moment that occurs in the structure. The amount of voltage that occurs due to axle load must be less than or equal to the limit of fatigue material. Therefore, the quality of the material used in the structure affects the strength of the structure.