Formulasi strategi peningkatan pencapaian right first time (studi kasus : design engineer PT. X)
M Meningkatnya kebutuhan energi listrik, khususnya di Indonesia, membuat banyaknya permintaan pembangunan gardu induk. Hal ini mendatangkan peluang tersendiri bagi PT. X sebagai market leader dalam hal ini. Namun ada hal yang menjadi permasalahan pada PT.X saat ini yaitu masalah "Right First Time". RFT merupakan salah satu penilaian kinerja Utama (KPI) seorang Design Engineer Pada PT.X. Untuk itu perlu dilakukannya analisis terhadap RFT tersebut, dengan cara meneliti pencapaian RFT pada beberapa proyek yang dikerjakan oleh PT.X. Hasil analisis menunjukkan bahwa pencapaian RFT saat ini masih belum mencapai target. Kemudian dicarilah penyebab kelemahan hal ini dengan melakukan wawancara kepada Project Engineering Manager yang menjadi pimpinan dalam permasalahan Engineering di suatu proyek. Lalu didapatlah beberapa permasalahan internal departemen Engineering design. Terkait hal ini maka dilakukanlah upaya perbaikan dengan memformulasikan strategi agar kelemahan tersebut dapat diminimalisir sehingga dapat meningkatkan hasil pencapaian RFT untuk proyek yang akan datang. Strateginya adalah dengan menggambarkan step — step atau langkah desain, membuat strategi "Design Freeze" pada proses desain, melakukan pembagian langkah — langkah design gate review dan membuat suatu design gate review validation, menambahkan design review checklist, dan terakhir dengan memetakan proses design. 5 strategi tersebutlah yang kedepannya diharapkan dapat dilakukan dan digunakan oleh PT.X dalam proses pekerjaannya.
T The increasing demand for electrical energy, especially in Indonesia, has led to many requests for the construction of substations. This brings its own opportunities for PT. X as the market leader in this case. However, there is a problem with PT.X at this time, namely the "Right First Time" problem. RFT is one of the main performance assessments (KPI) of a Design Engineer at PT.X. For this reason, it is necessary to conduct an analysis of the RFT, by examining the achievements of the RFT on several projects undertaken by PT.X. The results of the analysis show that the current RFT achievement has not yet reached the target. Then look for the cause of this weakness by conducting interviews with the Project Engineering Manager who is the leader in engineering problems in a project. Then we got some internal problems of the Engineering design department. Related to this, improvement efforts were made by formulating strategies so that these weaknesses can be minimized so as to improve the results of achieving RFT for future projects. The strategy is to describe the design steps, create a "Design Freeze" strategy in the design process, divide the design gate review steps and create a design gate review validation, add a design review checklist, and finally map the design process. These 5 strategies are expected to be carried out and used by PT.X in the future in its work process.